483 THL OPD Kabupaten Agam Terima Zakat Konsumtif Lebaran

"Penyaluran diserahkan secara simbolis oleh Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, "
Penyaluran diserahkan secara simbolis oleh Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, menyalurkan Rp132 juta zakat konsumtif lebaran kepada 483 Tenaga Harian Lepas (THL) yang tersebar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penyaluran diserahkan secara simbolis oleh Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, dalam rangkaian acara wirid mingguan KORPRI, didampingi Sekda Agam, Martias Wanto, Ketua Baznas Agam, Eldi Zein, Kakan Kemenag Agam, Edy Oktafiandi dan Ustadz Abu Bakar Syarif, di Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, Jum'at (24/5).

Sebelumnya, Ketua Baznas Agam, Eldi Zein mengatakan, konsumtif lebaran itu, disalurkan Rp300 ribu per orang. Hal ini juga disalurkan kepada THL di 16 kecamatan dan telah didistribusikan sejak Rabu sampai Jum'at (22-24/5), yang diantarkan langsung ke kecamatan masing-masing.

"Zakat konsumtif lebaran yang disalurkan tahun ini sebesar Rp1,3 miliyar lebih kepada 6.244 mustahik. Penerimanya adalah usulan dari OPD, ini tiap tahun kita lakukan," jelasnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Agam dan pribadi, bupati ucapkan terimakasih kepada muzakki yang telah berzakat melalui Baznas Kabupaten Agam. Setiap tahun jumlahnya bertambah, namun diharapkan mustahiknya jadi berkurang, dengan artian kehidupannya meningkat jadi lebih baik.

"Kepada mustahik, pergunakanlah zakat ini untuk memenuhi kebutuhan yang lebih mendesak, jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak terlalu penting," pintanya.

Ucapan terimakasih juga diutarakan Kepada Baznas Agam yang telah mengelola zakat. Semoga kedepan pengelolaannya jadi lebih baik dan zakat disalurkan tepat sasaran.

Menurut bupati, ada lima tujuan berzakat, pertama bukti ketaatan kepada Allah SWT, kedua sarana untuk pemerataan, ketiga mensucikan harta, keempat membantu kehidupan umat dan kelima menegakkan agama Allah SWT. (rel)