Tuan Rumah Even Nasional, 2020 Sumbar Diserbu Ratusan Ribu Wisatawan Domestik

Gerbang Bandara Internasional Minangkabau/Ilustrasi
Gerbang Bandara Internasional Minangkabau/Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Diperkirakan 100 ribu lebih wisatawan domestik (dalam negeri) akan berkunjung ke Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020. Kunjungan ini berkaitan dengan tiga iven nasional, yang akan digelar di daerah itu.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, ada beberapa ivent besar yang dijadi satukan. Salah satunya, iven Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bkkbn), kedua Pekan Nasional Tani (Penastani) san MTQ Nasional. 

Dari ketiga perhelatan ini, diprediksi ada sebanyak 12 ribu orang dari akan menghadiri acara Harganas (se-Indonesia), dan Penastani 60.000 ribu orang, serta acara MTQ sebanyak 30 ribu orang.

Baca Juga

"Kita berusaha bagaimana menyatukan kedua iven ini, supaya presiden tidak bolak balik ke Sumbar. Jadi, sekalian aja. Acara pembukaan Harganas tanggal 16 Juni dan penutupannya tanggal 20 Juni, sementara Penastani pembukaannya tanggal 20 Juni. Presiden akan buka acara penastani, dan pada hari yang sama juga menutup acara Harganas," jelasnya, Sabtu, 25 Mei 2019.

Dengan disatukannya kedua kegiatan tersebut, memudahkan presiden untuk menghadirinya. Harganas bukan hanya dilakukan di Padang, tapi juga ada seminar-seminar dilakukan di Kabupaten kota terdekat dari padang. Pada bulan yang sama, Harganas juga disatukan dengan kegiatan Padang fair.

Pusat acara Harganas kemungkinan dilaksanakan di stadion H Agus Salim atau di kawasan Pantai Muaro Lasak, ini sangat tergantung teknis, yang terbaik menurut BKKBN dengan Pemko Padang. "Nantinya, tinggal bagaimana mengatur ini menjadikan satu, sehingga buku panduan juli sudah terbit karena harus disebar setahun sebelum acara ke seluruh Indonesia," ulas NA.

Sementara itu, Sekretaris Utama Bkkbn RI H Nofrijal menurutnya, kesiapan Sumbar jauh lebih maju dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah. Sebab, belum pernah provinsi lain sebagai tuan rumah, menyiapkan satu tahun lebih bahkan untuk iven Harganas.

"Mudah-mudah ini suatu tanda dan momentun yang sangat bagus. Tahun 2020 ini juga sekaligus peringatan HUT bkkbn yang ke 50 atau setengah abad," ujar mantan kepala perwakilan Bkkbn Sumbar ini.

Rangkaian dalam kegiatan tersebut akan pajang. Tidak hanya di Padang sebagai tuan rumah, tapi juga melibatkan Bukittinggi, Kota Solok, Padang Panjang, Kota Pariaman. Kegiatan ini juga akan diisi dengan aksi bakti sosial, kunjungan lapangan, workshop, dan sejumlah agenda lainnya.

"Puncaknya memang direncanakan di Padang, tapi tepatnya nanti kita akan kasi tau. Nanti juga akan ada festival biduak keluarga, suatu bentuk ceremony yang akan melibatkan keluarga harmonis yang memakai sampan. Maknanya, bahwa keluarga itu harus 'dikayuah' atau diperjuangkan," jelasnya.

Selain itu, juga akan ada parade motor dan mobil. Untuk tema, ia mengatakan berkaitan dengan agama, budaya, dan pariwisata. Jadi, konsepnya membangun keluarga berlandaskan agama, budaya, dan ekonomi (pariwisata). (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir | Editor: -