Mantan Menkominfo RI Jadi Khatib Salat Idul Fitri di Balaikota Payakumbuh

Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, Jhon Kenedi.
Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, Jhon Kenedi. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dipastikan menggelar Salat Hari Raya Idul Fitri 1440 H di halaman Balai Kota Payakumbuh , eks Lapangan Poliko. Dan untuk tahun ini, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Tifatul Sembiring direncanakan bakal bertindak sebagai khatib.

"Pelaksanaan Salat Idul Fitri dipusatkan di halaman Balaikota Payakumbuh . Insya Allah Pak Tifatul Sembiring, mantan Menteri Kominfo yang juga merupakan urang awak bertindak sebagai khatib dan imam Salat Ustadz Ihsan Nuzula yang merupakan seorang qori internasional asal Payakumbuh ," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh , Jhon Kenedi, Sabtu (25/5) lalu.

baca juga: Modus Penipuan Batu Delima Palsu, Ini Penjelasan Kapolres Payakumbuh

Dikatakannya, pihaknya juga sudah melaksanakan rapat koordinasi terakhir untuk mematangkan persiapan jelang pelaksanaan Salat Idul Fitri nanti.

"Sjumlah perangkat daerah menyatakan kesiapannya. Dishub (Dinas Perhubungan) akan mengatur lalu lintas dan parkir, Satpol PP pengamanan area, Kominfo publikasi, Dinas LH terkait kebersihan dan PDAM membantu menurunkan mobil tanki air bersih untuk berwudu," lanjut pria yang akrab disapa JK itu.

baca juga: Momen Lebaran, Polres Payakumbuh Tangkap Dua Pelaku Penipuan Jual Beli Batu Delima

Untuk akses jalan menuju lokasi Salat akan diberlakukan jalan satu arah. Akses dari arah Simpang Bunian akan ditutup dan hanya akan dibuka akses masuk dari simpang Masjid Muhammadiyah. Panitia juga menyiapkan alternatif tempat seandainya pada Hari-H turun hujan.

"Jika nanti turun hujan, maka kita menyediakan alternatif lokasi Salat di Masjid Taqwa yang berada tidak jauh dari lokasi," ucap JK.

baca juga: Disiplinkan Masyarakat, Payakumbuh Turunkan Puluhan Personel Gabungan

Sesuai jadwal Imsyakiyah, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H akan jatuh pada Rabu tanggal 5 Juni 2019. Pemko sendiri akan menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Agama RI selaku otoritas yang akan menetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal 1440 H.

"Kepada warga Payakumbuh dan sekitar, mari beramai-ramai mengikuti Sholat Id di Halaman Balaikota Payakumbuh , bergabung dengan wali kota, wakil wali kota dan para pimpinan lainnya di daerah kita. Sekalian berjumpa dengan Pak Tifatul Sembiring yang jago berpantun," tutupnya. (*)

baca juga: 49 Warga Binaan LPKA Tanjung Pati Dapatkan Remisi Saat Lebaran

Penulis: Taufik Hidayat