Ini yang Harus Dilakukan Sumbar untuk Masuk 3 Besar Wisata Halal Dunia 

"Destinasi wisata halal Sumbar hanya bertengger pada posisi empat versi Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018 lalu"
Destinasi wisata Mandeh - Pessel (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Untuk bisa masuk dalam tiga besar di World Halal Tourism Award, Sumbar harus berbenah diri. Khususnya aksesibilitas, komunikasi, dan tersedianya promosi-promosi riset halal.

Destinasi wisata halal Sumbar hanya bertengger pada posisi empat versi Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018 lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Kementrian Pariwisata RI Wisnu Rahtomo, beberapa waktu lalu di Padang. Ia mengatakan, Sumbar berhasil maju ke kuarter final di ajang World Halal Tourism Award yang acara puncaknya digelar di Dubai.

Sumbar mewakili Indonesia untuk kategori World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Culinary, dan World’s Best Halal Tour Operator, Ero Tour.

"Semua itu tentunya bukan didapat dengan mudah. Sejak dari dinobatkan sebagai World’s Best Halal Culinary tahun 2016. Kemudian, 2018 bahkan Sumbar sudah mendapatkan rengking 4," ungkap Ketua Jurusan Kepariwisataan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini.

Namun permasalahannya sekarang adalah, perlu dibangun fokus pada aksesibilitas. Bagaimana meningkatkan penerbangan agar masuk ke Sumbar, kemudian kalau dari perspektif inti adalah komunikasi. Bagaimana tersedianya promosi-promosi riset halal, yang disiapkan pada pasar sasarannya.

"Tidak usah jauh-jauh, untuk peserta atau pasar halal kita Malaysia. Harus dikembangkan bagaimana menyentuh pasar Malaysia itu sendiri, karena pasar Malaysia tidak semuanya pasar konvensional. Mereka ada yang menyukai tentang kegaitan-kegaitan Ramadan. Nah, ada gak kita punya Paket-paket wisata ramadhan? Inilah yang mesti dikembangkan," jelasnya.

Selain itu, yang juga penting adalah edukasi, mulai dari pesantren - pesantren yang ada di Sumbar bisa ditingkatkan. Bagaimana agry touristnya bisa dikembangkan menjadi paket wisata edukasi, misalnya peternakan, dan yang lainnya banyak yang berpotensi di Sumbar.

"Apalagi ... Baca halaman selanjutnya