Tunjang Peningkatan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Pessel Rencana Bangun RSUD Baru

"Di Painan sudah ada rumah sakit, kemudian di Tapan juga sudah ada rumah sakit. Sadangkan panjang kabupaten Pesisir Selatan ini 250 kilometer. Ditengah ini belum ada rumah sakit, masih Puskesmas. Jadi rencana, kita akan bangun lagi rumah sakit di tengah ini"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berencana akan membangun satu lagi rumah sakit umum daerah (RSUD) di daerah itu. Satu rumah sakit ini akan dibangun di Lengayang sebagai penunjang pelayanan kesehatan masyarakat setempat.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, kebutuhan penambahan rumah sakit di daerah merupakan suatu yang harus. Sebab, selain memiliki daerah memanjang, jangkauan masyarakat juga terbatas untuk mendapat pelayanan kesehatan penuh.

"Di Painan sudah ada rumah sakit, kemudian di Tapan juga sudah ada rumah sakit. Sadangkan panjang kabupaten Pesisir Selatan ini 250 kilometer. Ditengah ini belum ada rumah sakit, masih Puskesmas. Jadi rencana, kita akan bangun lagi rumah sakit di tengah ini," ungkap Bupati Hendrajoni disela kegiatan TSR di Masjid Nurul Falah Dusun Baru, Nagari Kambang Barat, Lengayang, Minggu 26 Mei malam.

Ia menjelaskan, rumah sakit tersebut direncanakan akan memiliki luas area hingga 4 hekter persegi. Diketahui akan memakan anggaran besar, untuk tahapan pembungunan akan diupayakan dari pusat.

"Kita lagi mencari tanah, ya tanah insyalaah dapat di Kayu Kalek (rencana lokasi pembangunan). Kita dari Pemda, sudah berkoordinasi semua termasuk dengan lapisan tokoh masyarakat," jelasnya.

Lanjutnya, masyarakat sangat mendukung rencana pembangunan rumah sakit tersebut. Sebab, kebutuhan rumah sakit tersebut merupakan hal vital untuk penunjang pusat pelayanan kesehatan di daerah teraebut.

"Ini dalam waktu dekat akan kita bebaskan. Tentu uangnya nanti, kita angsur-angsur. Kita juga cari dari pusat," tutupnya. (Kiki Julnasri)