Kesiapan Jelang Lebaran, BNNK Pasbar Periksa Urin Sopir Bus

"Belum ada ditemukan salah seorang pengemudi pun terdeksi positif narkoba dan terindikasi terlibat dengan barang haram tersebut"
Tes urin sopir bus di Pasaman Barat. (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat melakukan tes urin kepada sejumlah pengemudi bus di terminal Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar, Senin 27 Mei 2019 pagi.

Kepala BNNK Pasaman Barat, Irwan Effenry mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Satres Narkoba Polres Pasaman Barat guna mencegah dan pendetektesian dini peredaran narkoba di kalangan pengemudi. Sejauh ini hasilnya masih negatif.

"Belum ada ditemukan salah seorang pengemudi pun terdeksi positif narkoba dan terindikasi terlibat dengan barang haram tersebut," kata Irwan.

Dijelaskannya, kedepan pihaknya akan berkolaborasi dengan Satres Narkoba Polres Pasaman Barat terkait penyalahgunaan peredaran narkotika. Untuk bagaimana memperkecil dan mempersempit ruang gerak peredaran narkotika di Pasaman Barat.

"Namun, menjelang Lebaran ini kita khusus berkegiatan memeriksa penyalahgunaan narkotika di kalangan organda dan umum. Intinya kita menyisir dikalangan pengemudi dan tanpa ada batasan berapa jumlah yang akan dilakukan tes urin," jelasnya.

"Jika ada terbukti, kita akan memeriksa dan mengembangkan dengan Satres Narkoba sesuai prosedur yang berlaku. Dimana narkoba tersebut didapat dan dimana dipakai serta jenis apa yang dipakai," tutur Irwan.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan, pihaknya juga akan menggelar kegiatan serupa di tempat-tempat lain. Pihaknya tetap mengimbau, demi keselamatan penumpang dan keselamatan pengguna jalan raya lainnya diharapkan para pengemudi hindari narkoba dan utamakan keselamatan bersama.

[Irfan Pasaribu]