Tekan Polusi, India Siapkan Regulasi Motor Bebas Polusi Pada 2025

"Pemerintah negara itu berniat untuk mempercepat program elektrifikasi kendaraan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-India tercatat sebagai pasar sepeda motor terbesar di dunia. Bagai dua sisi mata uang, capaian ini juga membawa masalah serius seperti polusi yang telah menjadi perhatian dari pemerintah India.

Dilansir dari Rideapart, untuk mengatasi masalah ini India dikabarkan tengah berniat untuk mempercepat program elektrifikasi kendaraan, khususnya bagi motor 150-an cc. Pemerintah negara itu berencana untuk menerapkan aturan motor bebas polusi pada 2025.

Aturan ini hanya berdampak pada motor dengan kapasitas kecil mengingat tingginya penjualan motor pada segmen tersebut. Artinya aturan ini akan membuat motor baik sport maupun matik menjadi wajib elektrik pada tahun tersebut.

Tak cuma itu, kendaraan dengan tiga roda juga terkena dampak. Kendaraan ini juga harus wajib elektrik pada 2023 jika hendak dijual di India. Namun aturan tersebut tidak berpengaruh bagi motor-motor berkapasitas besar mengingat volume penjualan mereka tidaklah seberapa jika dibandingkan motor berkapasitas kecil.

Hal ini dilakukan karena polusi mulai menjadi masalah yang serius di sana sehingga perlu langkah-langkah strategis untuk mengatasi hal tersebut.