Pulang Basamo ke Kampung Halaman, Situmbuak Saiyo Padang santuni Anak Yatim

Ketua  Situmbuak Saiyo Padang, Fajri, Dt. Rajo Melayu (kiri) menyerahkan santunan anak yatim kepada Ketua Pengurus Anak Yatim Nagari Situmbuak, Z. Dt. Tanamir
Ketua Situmbuak Saiyo Padang, Fajri, Dt. Rajo Melayu (kiri) menyerahkan santunan anak yatim kepada Ketua Pengurus Anak Yatim Nagari Situmbuak, Z. Dt. Tanamir (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Untuk meningkatkan silahturahmi antar perantau Kenagarian Situmbuak, Kecamatan Salimpauang, Kabupaten Tanah Datar , yang tergabung dalam Situmbuak Saiyo Padang, menggelar Pulang Basamo jelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Dalam rangkaian Pulang Basamo yang digelar pada Sabtu, 25 Mei 2019 itu, puluhan perantau Nagari Situmbuk di Kota Padang, juga menyalurkan bantuan berupa santunan kepada anak yatim dan bantuan pendidikan untuk Paud dan TK.

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Untuk memeriahkan kegiatan Pulang Basamo, Situmbuak Saiyo Padang juga menggelar buka puasa bersama yang diadakan di Masjid Jami' Situmbuak. Dalam acara buka bersama itu, turut hadir sejumlah tokoh masyarakat daerah setempat.

Ketua Situmbuak Saiyo Padang, Fajri, Dt. Rajo Melayu, mengatakan, kegiatan santunan anak yatim ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap Ramadan . Namun untuk berbuka bersama, baru dimulai sejak 2018 kemarin.

baca juga: Hingga Lebaran H-1, Mobil Tinggalkan Jakarta Tembus 400 Ribu Unit

"Bagi kami di Situmbuak Saiyo Padang, sejumlah rangakain kegiatan yang digelar dalam rangka Pulang Basamo ini, juga bagian untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah dengan saudara di kampung halaman," kata Fajri, Dt. Rajo Melayu, Sabtu malam.

Kegiatan Pulang Basamo ini, lanjutnya, merupakan bentuk kepedulian perantau terhadap kampung halaman, dan ini dibuktikan dengan antusiasnya para perantau Situmbuak di Kota Padang untuk mengikuti kegiatan Pulang Basamo tersebut, termasuk warga di kampung halaman yang turut menyambut kedatangan perantau dengan meriah

baca juga: Banyak Makanan Manis Selama Lebaran, Ini Kiat Tetap Sehat

"Oleh sebab itu, saya mewakili para perantau yang tergabung dalam Situmbuak Saiyo Padang, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Nagari Situmbuak atas bantuannya menyiapkan segala sesuatunya, termasuk tokoh masyarakat yang menyambut kepulangan kami dengan senang hati," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Nagari Situmbuak, Epi Mardian, Dt. Majo Kayo mengucapkan terima kasih kepada Situmbuak Saiyo Padang atas kepedulian terhadap kampung halaman.

baca juga: Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah, Latin dan Maknanya

"Mudah-mudahan kegiatan Situmbuak Saiyo Padang bisa memotivasi para perantau lainnya untuk memajukan kampuang dan nagari," kata Epi Mardian,(*)

Penulis: Riki S