Caleg YS Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Negeri Tanjung Pati

"Caleg YS dibawa ke pengadilan karena diduga melakukan pencoblosan sebanyak dua kali saat Pemilu 2019"
Suasana persidangan di Pengadilan Negeri Tanjung Pati dengan terdakwa YS (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA , KLIKPOSITIF -- Caleg Partai Golkar Dapil V Kabupaten Limapuluh Kota-Sumbar berinisial YS yang melakukan pencoblosan dua kali saat Pemilu 2019, menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri Tanjung Pati, Senin 27 Mei 2019.

Sidang tersebut dipimpin oleh Hakim Ketua Hery Cahyono didampingi hakim anggota Junter Sijabat dan Isnandar S. Nasution serta Panitera M. Ihsan.

Sidang perdana tersebut juga dihadiri Petugas KPPS di tempat terdakwa YS memberikan hak pilihnya. Kemudian juga terlihat hadir Bawaslu dan Petugas Linmas serta terdakwa YS yang hadir bersama dua orang penasehat hukumnya.

Dalam sidang dengan agenda pembacaan dakwaan tersebut, dua orang Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Payakumbuh Adi Saputra dan M. Afdal mendakwa YS yang merupakan caleg perempuan dari Partai Golkar tersebut dengan Pasal 516 UU Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dengan ancaman hukuman 18 Bulan dan denda Rp18juta.

Hasil pantauan KLIKPOSITIF, sidang tersebut juga menghadirkan dua orang saksi lainnya yakni saksi Partai dari Partai Golkar di TPS tempat YS melakukan pencoblosan dan satu orang warga yang merupakan pedagang atau pemilik warung kopi tempat terdakwa YS menunggu sebelum dipanggil petugas KPPS untuk memberikan hak pilihnya.

Kemudian dua orang yang dihadirkan tersebut adalah saksi yang meringankan terdakwa YS dan sempat ditolak oleh JPU sehingga keterangannya hanya dicatat sambil menunggu surat mandat dari Partai.

[Ade Suhendra]