Manih Manikam, Cara Pelaku Industri Kreatif Payakumbuh Promosikan Kearifan Lokal

Salah satu karya Fashion Designer Feymil Chang saat Manih Manikam Session I dengan Model Kintani Putri Medya.
Salah satu karya Fashion Designer Feymil Chang saat Manih Manikam Session I dengan Model Kintani Putri Medya. (Rs Putra for KLIKPOSITIF)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Banyak hal yang dapat dilakukan untuk promosi daerah dan menarik wisatawan datang ke sebuah daerah. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh gabungan pelaku industri kreatif di Payakumbuh yang beberapa waktu lalu menggelar photoshoot dan dalam waktu dekat juga kembali menggelar hal serupa dengan konsep berbeda.

Salah seorang inisiator yang juga fashion designer asal Payakumbuh Pemil Yardi atau yang lebih dikenal dengan nama Feymil Chang didampingi fotografer senior Ijot Goblin mengatakan kegiatan photoshoot tersebut merupakan project kolaborasi. Mengangkat tema Manih Manikam, sebanyak 5 fashion designer dan 25 fotografer ikut terlibat dalam project yang digelar di bulan Ramadan tersebut.

baca juga: Pedagang Pasar Payakumbuh Ajukan Sejumlah Syarat Pada Pemko Sebelum Dilakukan Swab Massal

"Selain promosi kearifan lokal, kegiatan ini juga merupakan salah satu obat rindu dan keinginan bersama pelaku seni, pelaku industri kreatif, dan orang-orang yang peduli akan daerahnya untuk berkontribusi dalam bidangnya masing-masing. Promosi yang dilakukan kali ini adalah lewat karya baju fashion designer yang kemudian dijadikan objek foto sehingga nantinya dapat disebarluaskan untuk daya tarik tersendiri bagi wisatawan," kata Feymil Chang, Rabu 29 Mei 2019

Ia menjelaskan project kolaborasi bersama ini nantinya juga akan digelar pameran foto di objek-objek tertentu yang tujuannya adalah promosi kearifan lokal. Untuk sesi pertama yang digelar pada 25 Mei 2019 lalu, sesi foto dilakukan di Rumah Gadang Rakewi dengan tema Sahara dan melibatkan model asli Payakumbuh yang juga artis Minang yaitu Kintani Putri Medya dari Tiakar.

baca juga: MPP Payakumbuh Akan Kembali Buka Pelayanan Setelah PSBB Tahap III Berakhir

"Dalam Manih Manikam Session I ini yang ikut terlibat selain saya sendiri juga ada fashion designer nasional asal Payakumbuh yaitu Berry Mirsha, Megi Efriater, Reza Salim, dan Ikhsan Warna. Mereka menghasilkan karya baju dengan menggunakan kain asli Payakumbuh dan Limapuluh Kota sebagai upaya melestarikan kearifan lokal," ujarnya.

Ke depannya, Feymil menjelaskan akan menggelar pameran foto dan pameran fashion yang menampilkan karya-karya dari pelaku seni dan industri kreatif yang ada di Payakumbuh serta Limapuluh Kota. Menurutnya hal tersebut merupakan upaya agar potensi SDM yang ada di Luak Limopuluah ini tetap terjaga dan muncul untuk membawa Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota dilirik oleh orang luar. (Ade Suhendra)

baca juga: Minta Dana Haji Tak Disalahgunakan, PKS: Itu Amanah Umat

Penulis: Eko Fajri