Cara Istri Wali Kota Payakumbuh Manfaatkan Waktu Selama Bulan Ramadan

"Meningkatkan kebersamaan dengan keluarga, melatih diri dan anak-anak dalam ibadah. Meluangkan waktu lebih banyak dengan mereka, Salat tarawih berjamaah dan juga melatih bacaan dan hafalan Quran mereka"
Henny Riza Falepi. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebagai pendamping orang nomor satu Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi mengaku mencoba untuk lebih banyak menghabiskan waktunya bersama keluarga untuk Ramadan tahun ini.

"Meningkatkan kebersamaan dengan keluarga, melatih diri dan anak-anak dalam ibadah. Meluangkan waktu lebih banyak dengan mereka, Salat tarawih berjamaah dan juga melatih bacaan dan hafalan Quran mereka," kata Henny, Rabu (29/5).

Khusus untuk tugasnya sebagai pendamping wali kota, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh itu mengaku lebih banyak mengingatkan sang suami agar menjaga pola makan dan istirahat. Menurutnya, Riza Falepi memang seringkali terlambat makan karena padatnya aktifitas yang dijalaninya.

"Bapak (Riza Falepi) itu ya kalau dirumah sangat disiplin sekali dengan makanan, tapi kalau sudah di luar sering lupa. Jadi sebagai istri kita mencoba untuk lebih tegas dengan mengingatkan bapak untuk sedikit memproteksi perutnya," jelas alumnus ITB itu.

Terkait santap sahur, dirinya mengaku lebih leluasa mengontrol makanan keluarga. Ia mengaku berupaya menghadirkan makanan yang tidak banyak mengandung bumbu.

"Saya memperbanyak buah-buahan termasuk buah kurma baik saat berbuka maupun sahur. Kalau pernah berbuka di rumah dinas pasti sering menjumpai buah kurma dalam jamuannya," ujarnya.

Sebagai ibu-ibu PKK, Henny juga membatasi berkegiatan di luar rumah selama Ramadan. Menurutnya kalau sudah berbuka di luar bersama teman, baik diorganisasi maupun alumni-alumni sekolah, maka keluarga akan tinggal.

"Makanya kita tidak terlalu sering berbuka bersama di luar. Kalau sibuk berbuka dengan yang lain dari pada keluarga, malah jadinya tidak bagus," tukasnya. (*)