H -6 Lebaran, Arus Lalulintas di Payakumbuh Mulai Padat

"Namun untuk kepadatan arus, diperkirakan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu mendatang."
(Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Memasuki H-6 jelang lebaran, arus lalu lintas di Pasar Payakumbuh mulai padat. Hal ini disampaikan KBO Lantas Iptu Imam Teguh saat mengatur lalu lintas di Kawasan Tugu Adipura Payakumbuh, Kamis 30 Mei 2019.

Iptu Imam Teguh didampingi Kanit Patroli Aipda Zulhelmi mengatakan saat ini arus mudik di wilayah hukum Polres Payakumbuh masih lancar. Namun untuk kepadatan arus, diperkirakan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu mendatang.

"Situasi dan kondisi arus lalin khususnya di Pusat Kota Payakumbuh masih lancar. Namun pada sore hari arus mulai padat dan didominasi oleh kendaraan bernopol BM atau dari Pekanbaru, Riau," kata Imam Teguh.

Menurutnya, diperkirakan 500 hingga 1.000 pemudik melintasi Kota Payakumbuh jelang lebaran ini. Namun dikatakannya jumlah tersebut kemungkinan akan meningkat terutama puncak arus mudik pada H-3.

"Kami himbau kepada pemudik agar mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Sebab Polres Payakumbuh telah mendirikan beberapa Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Rest Area di sepanjang wilayah hukum Polres Payakumbuh," kata Iptu Imam Teguh.

Ia juga berharap para pemudik juga melengkapi surat-surat kendaraannya dan aturan berkendara yang sesuai standar. Menurutnya dengan berkendara memenuhi aturan akan menjauhkan pengendara dari hal-hal yang dapat mengganggu perjalanan menuju kampung halaman.

(Ade Suhendra)