PNS Sumbar Dilarang Membawa Mobil Dinas Mudik

"Aturannya kan sudah ada, tidak dibolehkan PNS menggunakan kendaraan dinas saat lebaran, apalagi itu tujuan untuk pribadi"
Mobil Dinas Pemprov Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melarang pejabat beserta pegawai negeri sipil (PNS) membawa atau menggunakan mobil dinas (Mobnas) untuk mudik lebaran 1440 Hijriah.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekdaprov Sumbar), Drs. Alwis menegaskan, dari dulu aturan membawa mobil dinas dilarang bagi pegawai atau pejabat Pemprov Sumbar. Hingga kini aturan tersebut masih sama.

"Aturannya kan sudah ada, tidak dibolehkan PNS menggunakan kendaraan dinas saat lebaran, apalagi itu tujuan untuk pribadi," tegasnya, Jumat, 31 Mei 2019.

Namun, untuk organisasi perangkat daerah (OPD) tertentu yang betugas saat lebaran masih dizinkan, seperti Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Humas serta beberapa OPD lain yang melaksanakan tugas saat lebaran.

"Tetapi untuk OPD tertentu yang bertugas selama lebaran, masih diizinkan karena bertugas. Untuk yang tidak tugas tidak ada toleransi," tukasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mengeluarkan surat edaran yang mengingatkan pimpinan di pusat maupun daerah.

Pimpinan diminta untuk mengimbau jajarannya untuk tidak menggunakan fasilitas dinas untuk keperluan pribadi jelang perayaan Lebaran, seperti kendaraan dinas operasional untuk mudik. (*)