Sambut Lebaran Damai 2019, Walikota Payakumbuh Luncurkan 'Tap Cash'

Walikota Payakumbuh Riza Falepi saat mencoba penggunaan kartu Tap Cash sebelum masuk ke Kolam Renang Ngalau Indah
Walikota Payakumbuh Riza Falepi saat mencoba penggunaan kartu Tap Cash sebelum masuk ke Kolam Renang Ngalau Indah (KLIKPOSITIF/ Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Walikota Payakumbuh Riza Falepi didamdpingi Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz dan Ketua DPRD YB. Datuak Parmato Alam luncurkan dompet elektronik berupa kartu tap cash untuk masuk Kolam Renang Ngalau Indah, Sabtu 1 Juni 2019.

Peluncuran kartu tap cash yang bekerjasama dengan BNI Cabang Payakumbuh ini ditandai dengan penggunaan kartu oleh Walikota Payakumbuh saat akan memasuki Kolam Renang Ngalau Indah.

Riza Falepi bersama Erwin Yunaz mengatakan kartu tap cash yang digunakan untuk masuk Kolam Renang Ngalau Indah ini juga dapat dilakukan untuk transaksi lain. Namun tahap awal diawali dengan penggunaan kartu tap cash sebagai alat transaksi untuk masuk ke salah satu objek wisata unggulan di Kota Payakumbuh tersebut.

Baca Juga

"Kartu ini juga dapat dipergunakan untuk pembayaran atau alat transaksi lain seperti bayar tol atau merchant BNI yang ada dimana saja. Ke depannya secara bertahap akan kita terapkan di beberapa tempat seperti pasar, toko oleh-oleh, atau pun pembayaran listrik dan PDAM," kata Walikota Payakumbuh didampingi Sekda Rida Anandan dan Kadisparpora Elfriza Zaharman.

Ia berharap dengan penggunaan tap cash dengan transaksi non tunai tersebut dapat melahirkan sistem transaksi yang akuntabel dan mudah. Sehingga ke depan dalam melakukan transaksi dapat lebih transparan dan pengelolaan dana di Kota Payakumbuh dapat lebih baik.

"Harapannya tidak ada lagi kemungkinan kebocoran anggaran dan sistem transaksi seperti ini juga diharapkan dapat meningkatkan PAD Payakumbuh," kata Riza Falepi bersama Pimpinan Cabang BNI M. Yusrin yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu, Ketua DPRD Payakumbuh YB Datuak Parmato Alam mengapresiasi upaya pemerintah dalam melayani masyarakat secara prima. Sistem ini dikatakannya diharapkan dapat mengukur dan memperketat sistem transaksi yang akan berdampak terhadap pemasukan daerah.

"Terimakasih kepada Pemko Payakumbuh dan BNI Cabang Payakumbuh yang telah bekerjasama dalam hal ini. Semoga kehadiran kartu tap cash ini dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," kata YB Datuak Parmato Alam.

Kemudian Pimpinan Cabang BNI Payakumbuh menambahkan bahwa kartu tap cash untuk masuk Kolam Renang Ngalau Indah ini merupakan edisi khusus. Dimana kartu tersebut bermotif Objek Wisata di Kawasan Ngalau Indah dan kartu ini bisa didapatkan langsung di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh.

"Kartu tap cash ini juga bisa didapatkan di Kantor BNI Cabang Payakumbuh. Untuk edisi khusus ini kartu dapat dibeli di Disparpora Payakumbuh dengan harga Rp30.000 dan saldo masih nol atau edisi biasa dengan harga Rp20.000 dan saldo juga masih nol di Kantor BNI Cabang Payakumbuh," kata M. Yusrin.

Ia menjelaskan untuk saldo maksimal dalam kartu tersebut adalah Rp1.000.000 dan minimum Rp10.000. Pihaknya juga mengimbau kepada pemilik kartu untuk berhati-hati dalam menjaga kartu tersebut karena hanya bersifat sebagai dompet elektronik bukan seperti ATM.

"Kalau hilang, tentu saldo atau uang di dalamnya juga hilang dan siapapun yang mendapatkannya bisa menggunakan. Berbeda dengan ATM karena ATM memiliki PIN atau kode yang hanya diketahui oleh pemiliknya," ujarnya. (Ade Suhendra)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Eko Fajri