Sepasang Harimau Sumatera Jadi Penghuni Baru Taman Satwa Kandi Sawahlunto

"Yang menarik dari sepasang harimau ini, keduanya anak dari Si Boncah. Si Boncah ini merupakan harimau yang didapat dari jerat warga di Desa Taratak Bancah Kecamatan Silungkang beberapa tahun lalu yang kini menghuni Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi"
Salah Harimau Penghuni Baru Taman Satwa Kandi Sawahlunto (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Sepasang harimau menjadi penghuni baru Taman Satwa Kandi Sawahlunto. Hewan mamalia dengan nama latin Panthera Tigris Sumatrae tersebut didatangkan penggelola dari Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi.

Direktur Utama PT. Wahana Wisata Sawahlunto (WWS) Afri Darman mengatakan, harimau tersebut sampai sekira pukul 20.00 WIB, Minggu 2 Juni 2019 malam, untuk mendatangkannya, pihak WWS harus melalui beberapa tahapan perijinan.

"Tahapan yang paling terakhir cek kelayakan kandang yang langsung dilakukan oleh Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar pada 21 Mei 2019 lalu," katanya di Sawahlunto, Senin 3 Juni 2019.

Afri Darman menambahkan, saat ini keduanya siap memanjakan wisatawan pada libur lebaran nanti. Dengan begitu jumlah satwa yang menjadi penghuni Taman Satwa Kandi menjadi 74 ekor. Jumlah satwa ini, lanjutnya, akan terus ditambah dengan menjalin kerjasama dengan pengelola Kebun Binatang lain yang terdekat, seperti Kebun Binatang Provinsi Jambi.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto Efriyanto mengatakan bagi kedatangan sepasang harimau tersebut akan menjadi warna baru bagi Taman Satwa Kandi Sawahlunto.

"Yang menarik dari sepasang harimau ini, keduanya anak dari Si Boncah. Si Boncah ini merupakan harimau yang didapat dari jerat warga di Desa Taratak Bancah Kecamatan Silungkang beberapa tahun lalu yang kini menghuni Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi," ujarnya.

Efriyanto melanjutkan, terdapat destinasi lain yang berdekatan dengan Taman Satwa Kandi Sawahlunto, yakni wahana wisata air di Danau Tandikek yang merupakan bekas galian tambang batubara. "Untuk sampai kesana cukup berjalan kaki dari Taman Satwa Kandi, disana bisa menikmati Banana Boat, Dragon Boat, Sepeda Air dan lainnya," tuturnya.(*)