Lebaran, Tiket Masuk Objek Wisata di Bukittinggi Tidak Naik

"Tiket masuk dipatok Rp15 ribu untuk dewasa, serta Rp10 ribu untuk anak-anak"
Pengunjung padati Jembatan Limapeh yang menghubungkan kawasan kebun binatang dengan Benteng Fort de Kock (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Erwin Umar menegaskan, tidak ada kenaikan harga karcis objek wisata berbayar di Kota Bukittinggi selama libur lebaran 2019.

“Semua objek wisata berbayar di Bukittinggi, tarifnya normal. Tidak ada yang naik,” jelas Erwin Umar.

Diakuinya, Pemko Bukittinggi memang berencana untuk menaikan tarif karcis objek wisata, hanya saja rencana tersebut belum dietujui oleh Kementerian Dalam Negeri.

Meski demikian, Erwin Umar mengatakan, Pemko Bukittinggi telah memperbaiki seluruh titik objek wisata, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Untuk saat ini, ada tiga objek wisata berbayar di Kota Bukittinggi, diantaranya TMSBK (Taman Marga Satwa Budaya Kinantan) atau Kebun Binatang, Benteng Fort de Kock, serta Taman Panorama.

Untuk ketiga objek wisata tersebut, tiket masuk dipatok Rp15 ribu perorang untuk dewasa, Rp10 ribu perorang untuk anak-anak serta Rp20 ribu perorang untuk wisatawan mancanegara.

Terkait target penmasukan, selama libur lebaran 2019, Pemko Bukittinggi menargetkan pemasukan sebesar Rp300 juta perhari dari ketiga objek wisata berbayar di Bukittinggi.

“Jumlah pengunjung ke objek wisata berbayar bisa mencapai 300 ribu hingga 400 ribu orang perhari.Jadi, pemasukan saat lebaran bisalah sekitar Rp300 juta perhari,” jelas Erwin Umar. (*)