Pemprov Sumbar Laksanakan Salat Idulfitri di Halaman Kantor Gubernur

"Salat Id selambat-lambatnya dimulai pada pukul 07.30 WIB"
Kantor gubernur Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Drs. Alwis mengatakan, shalat hari raya Idulfitri 1440 Hijriah akan dilaksanakan besok (5/6) di Halaman kantor gubernur.

"Salat Id selambat-lambatnya dimulai pada pukul 07.30 WIB," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF, Selasa, 4 Juni 2019.

Disampaikannya, bertindak selaku khatib, Dr.H. Amran Suaidi Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung. Sementara dan selaku Imam, Ustaz Defrizal dari UIN Jakarta.

Kemudian, panitia akan menyediakan tempat berwudhu juga akan disiapkan disekitar lokasi sehingga jemaah yang melaksanakan di halaman kantor merasa nyaman.

Serta, sound system juga dipersiapkan dengan berkoordinasi dengan Biro Umum Setdaprov Sumbar sebab evaluasi dari pelaksanaan tahun lalu suara khatib tidak terdengar hingga barisan belakang.

"Untuk parkir kendaraan jemaah, bisa menggunakan kantor pemerintahan di sekitar kantor Gubernur Sumbar. Selain kantor pemerintahan, kami juga berharap halaman rumah warga disekitaran kantor dijadikan lokasi parkir," pinta Sekdaprov Sumbar itu. 

Alwis menjelaskan, pelaksanaan shalat Id di halaman kantor gubernur tersebut sama dengan tahun-tahun sebelumnya dengan pertimbangan keutamaan pelaksanaan di lapangan dan daya tampungnya lebih dari 10 ribu orang.

Jika cuaca kurang bagus (hujan), lanjutnya, maka Mesjid raya Sumbar dijadikan alternatif pelaksanaan shalat Id. Sebab Masjid Raya dapat menampung sebanyak 10 ribu jamaah.

"Listrik dan air kita siapkan di Masjid Raya Sumbar sebagai tindakan antisipasi. Sementara untuk shalat bisa di lantai dua," tukasnya. (*)