Arus Mudik Lebaran 2019 Lancar, Ini Komentar Menteri PUPR

"Menurut Basuki Hadimuljono terdapat tiga aspek kunci kelancaran perjalanan mudik ditahun ini"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan perjalanan mudik lebaran 2019 berjalan lancar. Menurutnya terdapat tiga aspek kunci kelancaran perjalanan mudik ditahun ini.

Diketahui, ketiga aspek tersebut meliputi pembangunan infrastruktur penunjang untuk proses perjalanan mudik, kedua manajemen dari arus mudik yang dinilai cukup baik serta kepatuhan perilaku pengguna sarana mudik.

"Tidak hanya infrastruktur, kalau untuk transportasi lancar itu tiga hal, prasarana, manajemen dan dan perilaku penggunanya, ketiganya dikelola dengan baik," ujar Menteri Basuki usai menghadiri Open House Presiden Joko Widodo, Rabu (5/6/2019) kemarin, yang dikutip dari suara.com, media jaringan klikpositif.com.

Menteri Basuki menuturkan Kementerian PUPR turut membantu Kementerian Perhubungan selaku koordinator dan Korlantas untuk penanggung jawab di lapangan. Dengan memfokuskan pada tiga aspek tersebut infrastruktur dinilai lebih baik, serta untuk mengatur lalu lintas lebih mudah pada saat mudik.

"Pihak Kepolisian menyatakan infrastruktur yang lebih baik tahun ini dibandingkan tahun lalu memudahkan dalam melakukan rekayasa lalu lintas,” tambahnya.

Beberapa pemudik berbagi informasi mengenai kelancaran arus mudik tahun ini melalui akun media sosialnya. Diantaranya perjalanan mudik Jakarta-Bandung bisa ditempuh 2-3 jam, Jakarta-Semarang 6 jam, Jakarta-Solo 8 jam, Jakarta-Surabaya kurang dari 10 jam. (*)