Saat Lebaran, Rumah Warga di Maninjau Didatangi Hantu

"Tradisi ini juga satu-satunya ada di daerah Maninjau, tidak akan ditemukan di daerah lain"
Salah satu Simuntu yang ditemui di kawasan Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Agam. (KLIKPOSITIF/Rehasa)

MANINJAU, KLIKPOSITIF -- Masyarakat Maninjau, Kabupaten Agam didatangi hantu saat Lebaran. Tapi jangan salah! Hantu yang mendatangi warga ini adalah salah satu tradisi dalam memeriahkan Idulfitri di daerah tersebut.

'Simuntu' begitulah nama dari pergelaran tradisi budaya di lingkup edaran Danau Maninjau itu. Dia hanya keluar di saat Lebaran saja. Tradisi ini juga satu-satunya ada di daerah Maninjau, tidak akan ditemukan di daerah lain.

Sosok makluk yang seluruh tubuhnya tertutup oleh ijuk ini dan terkadang menggunakan daun pelepah pisang, jerami dan karung goni akan mendatangi rumah warga. Simuntu pada dasarnya adalah manusia yang diberi kostum berupa 'Hantu Paburu'.

Konon kabarnya, dulu Hantu Paburu sering menampakan diri dalam wujud Simuntu di kawasan tersebut. Setiap Lebaran, Simuntu dihadirkan lagi oleh masyarakat Maninjau. Seperti yang KLIKPOSITIF temui di Kawasan Nagari Paninjauan, Maninjau, Kabupaten Agam, puluhan Simuntu silih berganti mengunjungi rumah warga.

Simuntu diarak menggunakan tambua dan tasa. Ketukan tambua dan tasa khas Maninjau dalam arakan tersebut juga diiringi dengan lengkingnya bunyi "Pupuik Batang Padi". Simuntu sendiri sudah menjadi tradisi budaya di seluruh kawasan Danau Maninjau.

"Termaksud pada daerah kami, kedatangan Simuntu sudah ditunggu-tunggu satu kali dalam setahun," kata Tomi, Wali Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Jumat 7 Juni 2019.

Tomi juga mengatakan, Simuntu akan mendatangi setiap rumah di kawasan itu, menyodorkan sebuah kotak untuk mendapatkan sumbangan dari masyarakat. "Sumbangan yang didapat dari masyarakat akan dimasukan ke dalam uang kas pemuda dan dimanfaatkan untuk kegiatan sosial," jelas Tomi.

Perihal Simuntu, bukan hanya soal memakai kostum berupa Hantu Paburu saja. Konon ada cerita mistis yang dipercaya beberapa warga setempat. Angku Madi, merupakan seorang Dukun di Maninjau mengatakan, untuk menjadi Simuntu, seseorang harus ... Baca halaman selanjutnya