Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, 5 PNS Pemprov Sumbar Bolos

"Sebanyak 5 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah di Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) tanpa keterangan atau tidak masuk kerja hari pertama pasca libur lebaran"
Suasana usai apel pasca libur lebaran di kantor Gubernur Sumbar (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 5 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah di Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) tanpa keterangan atau tidak masuk kerja hari pertama pasca libur lebaran.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, dari 4.244 orang PNS (termasuk pegawai tidak tetap 161 orang), terdata sebanyak 3.974 orang PNS telah masuk kerja hari pertama pasca libur lebaran. Sementara pegawai tidak tetap hadir seluruhnya.

"Total kehadiran PNS ditambah PTT 4.135 orang atau 97,43 persen," dalam Relis yang dikirim Kepala Biro Humas Sumbar Jasman Rizal, Senin, 10 Juni 2019.

Sementara pegawai yang tidak hadir berjumlah 109 orang atau 2,57 persen dengan rincian, sakit 16 orang, izin 6 orang, cuti 68 orang, sedang pendidikan 14 orang dan tanpa keterangan 5 orang.

"Kehadiran PNS Pemprov Sumbar tersebut belum termasuk kehadiran guru SLTA se Sumbar, karena guru SLTA baru masuk hari Kamis 13 Juni 2019," jelasnya.

Ditambahkannya, "Untuk guru SLTA tersebut akan dilakukan absensi khusus pada tanggal tersebut diatas," tukasnya.

Untuk diketahui, paginya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Sekdaprov Sumbar Alwis melakukan apel pasukan pasca libur lebaran.

Usai apel, Gubernur berbagi tugas dengan Wagub dan Sekda untuk memimpin sidak ke beberapa OPD di lingkup Pemprov Sumbar.

Irwan menegaskan pegawai tidak hadir dan tanpa keterangan akan ditindaklanjuti dan berikan sanksi berupa pemanggilan atau lainnya setelah itu akan diserahkan kepada Kemendagri dan Kemenpan RB.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan akan memberi hukuman skors bagi para aparatur sipil negara ( ASN) yang bolos pada hari pertama kerja usai libur Lebaran 2019. 

Tjahjo menyampaikan pihaknya bakal memberi teguran tertulis dan merumahkan para ASN yang bolos selama tiga ... Baca halaman selanjutnya