Diduga Maling Tas Pedagang di Pasar Raya Padang, IRT Ini Diciduk Warga

"Tersangka mendatangi toko korban dan berpura-pura jadi pembeli"
Seorang IRT diamankan personel Reskrim Polresta Padang karena diduga maling di Pasar Raya Padang. (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) diamankan warga saat mencoba mencuri tas milik pedagang di Pasar Raya Padang, Senin 10 Juni 2019. Perempuan yang diketahui bernama Rina Nofia (33) melakukan pencurian di sebuah toko perlengkapan sekolah di Pasar Raya Padang.

Korban diketahui bernama Febi Putri Indah. Dia menjelaskan, saat itu sedang menjaga toko milik orang tuanya dan tersangka datang seolah ingin membeli perlengkapan sekolah. "Dia datang dan memesan banyak sekali perlengkapan sekolah, saya waktu itu sendiri saja di toko," ujarnya kepada Klikpositif.com.

Tersangka yang memesan banyak jenis barang itu membuat korban panik untuk mengambilkan pesanan yang hanya dibuat-buat. "Saat saya mengambilkan baju sekolah, dia mengambil tas ibu saya yang terletak di bagian meja kasir," lanjutnya.

Melihat aksi tersebut, korban langsung menarik baju tersangka dan menjatuhkannya. "Saat saya menjatuhkannya, ayah saya datang dan menolong," sambungnya.

Tas yang berisi emas, handpone dan uang berkisar Rp450 ribu itu selamat dan tersangka langsung diserahkan kepada pihak kepolisian. Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna mengatakan, saat ini laporan tersebut tengah diproses.

"Pelaku sudah kami proses dan saat ini masih dalam tahap penyidikan," katanya.

Menurutnya, tersangka tidak hanya melakukan pencurian di satu tempat itu saja, melainkan ada dua lokasi yang diketahui sudah dijarah. "Ada dua korban lainnya yang saat ini masih kami periksa dengan modus perbuatan yang sama dan tersangka yang sama," lanjutnya.

Dia mengatakan, tersangka terancam pasal 363 Jo 362 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

[Halbert Caniago]