Hari ke-2 MOS, Tak Ada Laporan Kasus Perpeloncoan di Payakumbuh

"Pada tahun sebelumnya, Hasan mengakui memang banyak sekolah yang menyalahartikan kegiatan MOS dengan menyisipkan kegiatan yang mengarah ke "bullying""
Aktivitas Masa Orientasi Siswa di Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Arya Irvanus)

KLIKPOSITIF - Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh melaporkan hingga hari ke dua masa Masa Orientasi Siswa (MOS), tidak ada laporan kegiatan yang mengarah pada perpeloncoan terhadap siswa baru di daerah itu.

"Hingga saat ini belum ada laporan. Kami yakin tidak ada," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Hasan Basri, Selasa 19 Juli 2016.

Ia menjelaskan, pada tahun ajaran baru ini program MOS meliputi kegiatan pelatihan baris berbaris, latihan upacara dan latihan kewarganegaraan.

Pada tahun sebelumnya, Hasan mengakui memang banyak sekolah yang menyalahartikan kegiatan MOS dengan menyisipkan kegiatan yang mengarah ke "bullying" atau perpeloncoan.

"Tahun lalu memang kita akui adanya perpeloncoan, namun saat ini kita menekankan kepada pihak sekolah tidak ada lagi perpeloncoan dan bullying saat pengenalan sekolah," ujar Hasan.

Menurut dia, ia mengeluarkan aturan ini jauh hari sebelum turun Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru.

[Arya Irvanus]