Usai Lebaran, BPPOM masih Temukan Makanan Kedaluwarsa di Padang

"Makanan itu diketahui makanan siap saji yang banyak dijual di supermarket"
Kepala BPPOM Padang, Martin (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang masih menemukan makanan kedaluwarsa di Kota Padang saat lebaran. Makanan itu diketahui makanan siap saji yang banyak dijual di supermarket.

"Kemarin kami sudah menegur pemiliknya dan kami memberikan saran agar mengganti tempat penyimpanannya," ujar Kepala BBPOM Padang, Martin, Rabu 12 Juni 2019.

Dia mengatakan, dibanding tahun 2018 lalu untuk penindakan terhadap pemakai bahan makanan berbahaya seperti Boraks jauh menurun pada tahun ini. "Angkanya jauh menurun dibanding tahun lalu, tapi masih ada kami temukan di beberapa daerah," lanjutnya.

Menurutnya, untuk pemakaian bahan makanan berbahaya yang dia temukan berada di daerah 50 Kota, Bukittinggi dan Pesisir Selatan saja pada tahun ini. "Pada Ramadan tahun ini pedagang sudah paham akan bahaya bahan pengawet terhadap konsumennya," sambungnya.

Dia mengucapkan terimakasih kepada maayarakat atau pedagang yang tidak lagi menggunakan bahan pengawet untuk masakan berbuka puasa.

[Halbert Caniago]