Angka Kecelakaan Selama Libur Lebaran Menurun di Sumbar

"Angka kecelakaan lalu lintas itu berkurang sebanyak 26 kasus dari tahun sebelumnya"
ilustrasi kecelakaan (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kecelakaan lalu lintas di Sunatera Barat menurun pada libur Lebaran 2019. Angka kecelakaan yang terjadi sejak H-7 hingga H+7 Lebaran ada di angka 104 kasus. Angka kecelakaan lalu lintas itu berkurang sebanyak 26 kasus dari tahun sebelumnya.

"Pada tahun lalu kecelakaan lalu lintas berjumlah sebanyak 130 kasus yang terjadi di Sumatera Barat," ujar Kabag Bin Ops Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Ariyuswan.

Dia mengatakan jumlah kecelakaan tersebut menurun karena sudah meningkatnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Tidak hanya jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal dunia juga berkurang dari tahun sebelumnya sebanyak 2 persen.

"Untuk jumlah korban meninggal dunia tahun ini sebanyak 22 orang, sementara untuk tahun lalu sebanyak 25 orang," lanjutnya.

Kecelakaan tersebut kebanyakan terjadi di daerah Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Pasaman. "Untuk di dua Kabupaten tersebut korban kecelakaan berjumlah tiga orang meninggal dunia," lanjutnya.

Menurutnya, kecelakaan tersebut sudah diproses sesuai dengan aturan yang diatur dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas. "Untuk kasus kecelakaan lalu lintas semuanya sudah kami proses dan jika kecelakaan itu terjadi karena out of control, maka akan kami SP3," tutupnya.

[Halbert Caniago]