Apa Penyebab Kemacetan Saat Lebaran di Sumbar? Ini Jawaban Pihak Kepolisian dan Solusinya

" untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Sumatera Barat saat lebaran adalah dengan memperlebar jalan lintas Kabupaten atau Provinsi"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pihak kepolisian Sumatera Barat memaparkan selama libur lebaran Idul Fitri 2019 terjadi lonjakan jumlah kendaraan yang masuk ke provinsi itu, sehingga menyebabkan kemacetan di berabagi titik.

Seperi yang disampiakan Kaur Bin Ops Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Ariyuswan, yang menjelaskan, kemacetan di Sumatera Barat saat libur lebaran lalu diprediksi karena membeludaknya kendaraan yang masuk dari luar provinsi.

"Untuk penyebab kemacetan dari yang kami perhatikan pertama sekali karena meningkatnya jumlah kendaraan yang masuk ke Sumatera Barat," ujar Kaur Bin Ops Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Ariyuswan, Kamis 13 Juni 2019.

Ia mengatakan, untuk jumlah kendaraan yang masuk ke Sumatera Barat selama libur lebaran diperkirakan mencapai tiga kali lipat jumlah kendaraan biasanya.

"Untuk angka jumlah kendaraan yang masuk kami tidak punya, tapi yang pasti jumlah kendaraan masuk Sumbar meningkat sekitar tiga kali lipat," lanjutnya.

Peningkatan jumlah kendaraan itu diperkirakan dari panjangnya antrian kemacetan di beberapantitik seperti Pasar Baru, Padang Panjang serta beberapa lokasi lainnya.

Hal lainnya penyebab kemacetan tersebut adalah masih kecilnya jalan lintas yang ada di Sumatera Barat. "Untuk jalan yang ada di Sumbar ini belum memadai jika menampung kendaraan seperti libur lebaran kemarin," sambungnya.

Ia mengatakan, untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Sumatera Barat saat lebaran adalah dengan memperlebar jalan lintas Kabupaten atau Provinsi. [Halbert Caniago]