Warga Tanah Datar Bisa Mendapatkan Buku Nikah dengan Mudah

"PA Batusangkar dan Kemenag Tanah Datar jalin kerjasama untuk membantu warga mendapatkan buku nikah"
Pertemuan Kepala Kemenag Tanah Datar Syamsul Arifin dengan Ketua Pengadilan Agama Batusangkar Burnalis (Istimewa)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Pengadilan Agama (PA) Batusangkar menjalin kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Tanah Datar dalam hal pelaksanaan sidang isbad nikah bagi masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang belum memiliki buku nikah.

Ketua PA Batusangkar Burnalis mengatakan tujuan kerjasama ini untuk memfasilitasi dan memudahkan masyarakat mendapatkan buku nikah yang selama ini belum dimiliki.

"Mungkin dulu nikahnya dilakukan secara agama saja atau nikah di bawah tangan sehingga hanya memiliki selembar kertas saja," kata Burnalis saat kunjungan kerja di Kantor Kemenag Tanah Datar, Kamis 13 Juni 2019.

Ia menyebut PA Batusangkar akan memberikan fasilitas kepada masyarakat dengan melakukan sidang Isbad keliling ke kantor KUA kecamatan.

"Sidang Isbad Nikah ini untuk memperjelas status pernikahan yang dilengkapi dengan rukun nikahnya, ada wali dan dua orang saksi," katanya.

Kemudian, Burnalis menjelaskan bagi masyarakat yang membutuhkan sidang tanpa biaya (prodeo) dapat dilayani dengan syarat memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari wali nagari setempat.

Sementara itu, Plt. Kepala Kemenag Tanah Datar Syamsul Arifin mendukung kerjasama sidang Isbad Nikah ini sehingga masyarakat Tanah Datar dapat memiliki buku nikah resmi.

Kemudian, masyarakat juga tdak ada kendala dalam mengurus keperluan surat-surat kependudukan seperti surat akte kelahiran anak untuk melanjutkan pendidikan.

Ia mengharapkan kerjasama ini dapat berjalan berkelanjutan dan mampu meringankan biaya masyarakat dalam sidang Isbad Nikah tersebut.

[Irfan Taufik]