Wawako Payakumbuh Ingatkan Disdik Ikuti Permendikbud Dalam Penerimaan Siswa Baru

"Pastikan penerimaan siswa mengikuti aturan dari pemerintah pusat (Permendikbud). Karena kita ingin agar kualitas dan output dari pendidikan di Kota Payakumbuh ini jadi lebih baik dan merata"
Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz mengingatkan jajaran Dinas Pendidikan di daerahnya untuk mengikuti aturan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2017 dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Permendikbud itu mengatur terkait kuota penerimaan siswa baru untuk masing-masing sekolah, yaitu sebanyak 90 persen berdasarkan zonasi, lima persen dari prestasi, dan lima persen lainnya dari keluarga pindahan.

"Pastikan penerimaan siswa mengikuti aturan dari pemerintah pusat (Permendikbud). Karena kita ingin agar kualitas dan output dari pendidikan di Kota Payakumbuh ini jadi lebih baik dan merata," kata Erwin Yunaz, Jumat (14/6).

Lebih lanjut, Erwin Yunaz juga memberikan apresiasi atas prestasi yang berhasil ditorehkan Disdik Kota Payakumbuh yang sukses keluar sebagai yang terbaik di tingkat Provinsi Sumbar.

"Alhamdulillah, kita terbaik pertama pengelolaan SMP berdasarkan delapan standar pendidikan di tingkat Provinsi, di samping itu kita juga menjadi terbaik tiga pengelolaan SD dari 19 kabupaten/kota lainnya di Sumbar. Jaga terus prestasi itu dan jangan sampai menurun, kalau bisa tingkatkan kinerja guru-guru kita," ulasnya.

Tidak lupa, Erwin Yunaz juga mengucapkan selamat terhadap tiga siswa SD asal Kota Payakumbuh yang mewakili Sumbar pada lomba literasi nasional. Tiga siswa tersebut adalah Zahratus Syifa, Muhammad Hasbi dari SDN 02 Payakumbuh dan Dwi Lailatul Rahmi dari SDN 26 Payakumbuh.

"Kami bangga dengan kalian, semoga sukses dan mengharumkan nama Payakumbuh di kancah nasional," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Agustion menyebut, dalam PPDB pihaknya sudah menjalankan sesuai dengan Permendikbud.

"Kita sudah melaksanakannya sejak tahun lalu. Kalau tidak melaksanakannya, maka daerah yang tidak melaksanakan akan mendapat teguran dari kementerian. Alhamdulillah PPDB berjalan lancar," katanya. (*)