Drama 'Papa' Setya Novanto, dari Tiang Listrik hingga Resto Padang

"Kontroversi yang dilakukan oleh Novanto bukan kali ini saja terjadi. Novanto tercatat sudah beberapa kali menuai kontroversi hingga membuat publik tercengang."
(Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Narapidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto alias Setnov kembali membuat kontroversi. Kali ini, Setya Novanto kepergok sedang berpelesiran di sebuah toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kontroversi yang dilakukan oleh Novanto bukan kali ini saja terjadi. Novanto tercatat sudah beberapa kali menuai kontroversi hingga membuat publik tercengang.

Deretan drama berseri kontoversi Novanto seakan tak pernah habis membuat publik terkejut. Berikut Suara.com merangkum sejumlah kontroversi Setya Novanto, Sabtu (15/6/2019):

1. Papa Minta Saham

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melaporkan Setya Novanto ke Majelis Kehormatan DPR (MKD) pada akhir 2015.

Setya Novanto diduga meminta saham perseroan sebesar 20 persen dan jatah 49 persen saham proyek Pembangkit Listrik tenaga Air (PLTA) Urumuka Papua kepada PT Freeport Indonesia dengan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Tak lama, Setya Novanto mengundurkan diri sebagai Ketua DPR dan digantikan oleh Ade Komarudin. Pengunduran diri Setya Novanto menandakan b erakhirnya sidang etik MKD.

Pada September 2016, Setya Novanto melakukan gugatan uji materi atas pasal 88 KUHP dan pasal 15 tentang pemberantasan UU Tipikor ke Mahkamah Konstitusi. Dalam gugatan ini, MK Memenangkan Setya Novanto.

Setelah memenangkan gugatan, Setya Novanto kembali diangkat menjadi Ketua DPR dan melanjutkan masa jabatannya yang tersisa yakni periode 2014-2019.

2. Tiang Listrik

Tragedi tiang listrik sepertinya menjadi drama paling menggegerkan publik. Beredar foto dan video Setya Novanto menabrak tiang listrik hingga harus dirawat di rumah sakit.

Insiden kecelakaan tersebut sarat dengan berbagai kejanggalan. Muncul berbagai meme lelucon mengenai tragedi tiang listrik.

Kejadian berawal saat Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka kasus e-KTP. Saat KPK ... Baca halaman selanjutnya