Hoyak Tabuik dan Gandang Tambua dari Kafilah Kota Pariaman Meriahkan MTQ ke 38 Sumbar

"seluruh kafilah berkumpul di halaman Kantor Walikota Solok dan dilanjutkan dengan pelepasan pawai secara langsung oleh Wakil Walikota Solok, Reiner yang ditandai dengan pengibaran bendera start tanda pawai dimulai."
Kafilah Kota Pariaman saat pawai ta'aruf MTQ ke XXXVIII Tk Provinsi Sumbar di Halaman Kantor Walikota Solok, Sabtu (15/6/2019). (Ist)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Kafilah dari Kota Pariaman menyuguhkan gaya pawai ta'aruf paling meriah daripada seluruh peserta yang ikut dalam MTQ ke 38 Tk Provinsi Sumatera Barat di Solok Sabtu 15 Juni 2019.

Para Kafilah Pariaman tersebut "Mahoyak" Tabuik Pariaman serta diarak menggunakan gandang tambua kas Kota Tabuik.

Rute pawai saat itu, mulai dari Kantor Walikota Solok sampai ke lapangan merdeka tempat pelaksanaan pembukaan MTQ ke 38 Tk Provinsi Sumbar.

Sebelumnya, seluruh kafilah berkumpul di halaman Kantor Walikota Solok dan dilanjutkan dengan pelepasan pawai secara langsung oleh Wakil Walikota Solok, Reiner yang ditandai dengan pengibaran bendera start tanda pawai dimulai.

Turut mendampingi pawai kafilah Kota Pariaman, Kakankemenag Kota Pariaman, M Nur, Kabag Kesra Kota Pariaman, Armaizal, Asisten Walikota Pariaman, Sumiramis, beserta seluruh official kafilah Kota Pariaman.

Kabag Kesra Kota Pariaman, Armaizal, saat mendampingi kafilah tersebut mengatakan bahwa pawai kafilah Kota Pariaman disambut antusiasme dari masyarakat Kota Solok. Kita sengaja berikan suguhan yang meriah untuk mengarak kafilah Kota Pariaman pada pawai taaruf ini. Kita mengusung konsep pawai yang membawa tradisi budaya pariaman yakninya gandang tambue dan hoyak tabuik piaman. Karena Budaya ini sudah melekat dengan Kota Pariaman dan tidak asing lagi bagi masyarakat di Sumatera Barat.

"Kita juga menyuguhkan baju tradisional adat pariaman dengan anak daro dan marapulainya yang menambah semangat pawai taaruf kafilah Kota Pariaman ini ", ujarnya.

Armaizal juga berpesan kepada kafilah Kota Pariaman agar dapat memberikan hasil yang terbaik untuk Kota Pariaman, karena tahun kemarin Pariaman mendapat juara umum II sebagai tuan rumah.

"Setidaknya pertahankan juara tersebut dan bukan tidak mungkin kita akan meraih juara umum I pada MTQ di Kota Solok ini ", tutupnya mengakhiri.

Usai mengikuti pawai taaruf, para ... Baca halaman selanjutnya