Beduk Ditabuh, Dirjen Bimas Islam Buka MTQ Tingkat Sumbar di Kota Solok

"Ribuan masyarakat dari berbagai daerah berduyun-duyun memadati lokasi acara"
Suasana pembukaan MTQN Ke 38 tingkat Sumbar di Kota Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Pemukulan beduk oleh Dirjen Bimas Islam, Prof. Muhammadiyah Amin menandai pembukaan resmi Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional ke 38 tingkat Sumatera Barat di Kota Solok, Sabtu (15/6) malam di Lapangan Merdeka Kota Solok.

Ribuan masyarakat dari berbagai daerah berduyun-duyun memadati lokasi untuk menyaksikan secara langsung defile kafilah, tarian kolosal, Video show hingga hiburan group Nasyid asal Malaysia, Raihan.

Tak sedikit masyarakat yang terpaksa hanya bisa menyaksikan gebyar pembukaan MTQ ke 38 dari luar pagar, lantaran penuhnya tribun dan lokasi untuk penonton. Bahkan ada yang rela memanjat pagar Lapangan Merdeka.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat akan syiar Al-Quran, Dirjen Bimas Islam, Prof. Muhammadiyah Amin berharap dan sangat optimis MTQ tingkat Nasional ke 38 di Sumbar tahun 2020 mendatang akan lebih meriah.

"Ini pertanda atau cerminan positif dalam menyongsong MTQ Nasional ke 38 yang akan dilaksanakan di Sumatera Barat tahun besok," ungkap Muhammadiyah Amin.

Sebelumnya, ketua LPTQ Sumbar H. Nasrul Abit meminta seluruh masyarakat dan peserta MTQN ke 38 tingkat Sumbar untuk tidak saja menjadikan momen MTQ sebatas seremonial belaka, tapi mengambil nilai-nilai luhur dan positif.

"Kesemarakan pembukaan dan pelaksanaan MTQ perlu diimbangi dengan dampak positif di tengah masyarakat, tumbuhkan nilai-nilai luhur menuju perubahan perilaku dan sikap masyarakat yang relevan dengan Alquran," sebut Nasrul Abit.

Sementara itu, Wali Kota Solok H. Zul Elfian berharap, Kota Solok mampu menjawab amanah sebagai tuan rumah yang diberikan oleh Provinsi Sumatera Barat.

"Kami berharap MTQ bisa berjalan dengan baik hingga penutupan nanti dan menghasilkan Qori dan Qoriah yang handal untuk mewakili Sumbar pada MTQ tingkat Nasional nantinya," sebut Zul Elfian.

[Syafriadi]