2020 Inspektorat Akan Audit Pengelolaan Keuangan SMA/SMK di Sumbar

"Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) berencana akan melibatkan Inspektorat untuk mengaudit keuangan sekolah (SMA/SMK) agar pengelolaan keuangan tepat sasaran"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) berencana akan melibatkan Inspektorat untuk mengaudit keuangan sekolah (SMA/SMK) agar pengelolaan keuangan tepat sasaran. Program tersebut direncanakan akan berjalan maksimal 2020.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, langkah tersebut sebagai bentuk pengawasan dan pembinaan terhadap sekolah di daerah itu. Terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dibawah kewenangan provinsi.

Wagub mengaku sudah menyampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Sumbar untuk melakukan pemetaan dan sampel terhadap beberapa sekolah dan selanjutnya melibatkan Inspektorat untuk pembinaan dalam keuangan maupun administrasi.

"Langkah ini agar pengelolaan keuangan di sekolah tepat sasaran dan tidak ada pelewengan. Jadi, Inspektorat nanti yang akan melakukan pemeriksaan keuangan dan melakukan pembinaan," ujarnya, Senin, 17 Juni 2019.

Untuk melakukan pemeriksaan di SMA/SMK, Wagub meminta Inspektorat menambah tenaga auditor. Sebab, saat ini ada sekitar 350 SMA/SMK di Sumbar.

"Tahap awal disampel saja dulu sekitar 3 atau 4 sekolah yang muridnya banyak. Kemudian diperiksa bagaimana pengelolaan keuangannya," tukasnya. (*)