Dinsos Sijunjung Jadwalkan Pengalihan Rastra ke BPNT Agustus Mendatang

"Pengalihan tersebut, bertujuan mewujudkan 6T dalam penyaluran bantuan, 6T yang dimaksud merupakan singkatan dari Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Waktu, Tepat Kualitas, Tepat Harga dan Tepat Administrasi."
Ilustrasi Beras (net)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sijunjung Yofritas mengatakan pihaknya segera melakukan pengalihan Program Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Program Rastra dari Kementerian Sosial tersebut, sejak April lalu telah berganti nama menjadi BPNT. Sementara itu, di Kabupaten Sijunjung sendiri, Dinsos akan menggulirkannya pada Agustus mendatang untuk delapan kecamatan yang ada.

Pengalihan tersebut, sambungnya, bertujuan mewujudkan 6T dalam penyaluran bantuan, 6T yang dimaksud merupakan singkatan dari Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Waktu, Tepat Kualitas, Tepat Harga dan Tepat Administrasi.

"Keunggulan dari BPNT lebih mudah penyalurannya, sementara untuk mencapai 6T juga jauh lebih lebih mudah dari Rastra," katanya di Muaro Sijunjung, Senin 17 Juni 2019.

Yofritas menambahkan, instrumen yang paling penting dipersiapkan dengan baik untuk BPNT yakni data, keberadaan E-Warung dan semangat Pemerintah Kabupaten dalam mewujudkan penyaluran bantuan menjadi non tunai di tahun 2019.

"Saat ini penerima BPNT akan menerima Rp110 ribu setiap kali pencairan bantuan," ujarnya.

Diketahui, terdapat 10.760 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima Rastra yang akan dialihkan ke BPNT. "Bantuannya dalam bentuk beras dan telur," tutur Yofritas.(*)