Seleksi Calon Mahasiswa Timur Tengah, Rektor UIN Berharap Peserta dari Sumbar Banyak Lulus

"Negara-negara tujuan studi para calon mahasiswa ini adalah Mesir, Maroko dan Sudan"
Proses seleksi calon mahasiswa Timur Tengah di UIN Iman Bonjol Padang, Minggu 16 Juni 2019 (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala UPT Pusat Pengembangan Bahasa UIN IB, Dr. Asrina, M. Ag mengatakan, alumni Madrasah Aliyah/Pondok Pesantren yang akan melanjutkan studi ke beberapa negara di Timur Tengah mengikuti tes kualifikasi bahasa.

Peserta yang mengikuti seleksi ini di Pengembangan Bahasa UIN IB berjumlah 241 orang yang tersebar di berbagai provinsi.

"Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru asal Indonesia masuk ke sejumlah Perguruan Tinggi Timur Tengah, program S1 di Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang yang bertempat di Gedung Pusat Bahasa, Minggu (16/6)," ujarnya, Senin, 17 Juni 2019.

Asrina menyebutkan, penentuan lokasi ujian ini sesuai dengan pilihan peserta waktu pendaftaran. Lokasi tes untuk di Sumatera adalah UIN Imam Bonjol Padang, UIN SUSKA Riau, UIN Jambi, UIN Sumbar, dan UIN Ar-Raniry Aceh. Sementara di luar Sumatera, ada di UIN Syahid Jakarta, UIN Malang, UIN Makasar, dan lain sebagainya. 

"Tahapan yang harus dilalui peserta tes adalah mendaftar secara online, mengikuti tes kualifikasi bahasa dan wawancara. Negara-negara tujuan studi para calon mahasiswa ini adalah Mesir, Maroko dan Sudan," jelas Asrina.

Lebih lanjut, kata Asrina, peserta yang akan melanjutkan ke tahapan wawancara adalah peserta yang berhasil lolos dalam tes kualifikasi bahasa dengan nilai minimal 70 dan akan diumumkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) pada 22 Juni 2019 melalui laman www.diktis.kemenag.go.id.

Sementara itu, Rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman berharap anak-anak dari Sumbar dan peserta yang mengikuti tes di UIN IB Padang banyak yang lulus untuk melanjutkan studi di Timur Tengah.

"Sehingga para ulama kita semakin banyak yang alumni sana," harap Eka. (*)