Lima Rumah Warga Dihantam Abrasi di Padang

" saat abrasi terjadi, seluruh bagian rumah dipenuhi air laut yang naik sehingga membuat pemilik rumah harus meninggikan barang-baramg yang rentan basah."
(KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Lima unit rumah warga di daerah Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang dihantam abrasi air laut pada Senin 17 Juni 2019.

Lima unit rumah tersebut terkena abrasi diketahui sekitar pukul 04.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB dan menghantam rumah warga.

Dari pantauan klikpositif.com, keadaan lima unit rumah tersebut tidak terlalu parah dan tidak mengalami kerusakan yang parah.

Hanya saja, saat abrasi terjadi, seluruh bagian rumah dipenuhi air laut yang naik sehingga membuat pemilik rumah harus meninggikan barang-baramg yang rentan basah.

Koordinator Lapangan Padang Baywatch di Pantai Air Manis, Rudi Putra mengatakan bahwa keadaan tersebut telah sering dialami oleh masyarakat yang berada di RT 01/ RW 02 dan RT 01/ RW 01.

"Untuk di RT 01/RW 02 ada dua unit rumah dan di RT 01/RW 01 ada tiga unit rumah warga," lanjutnya.

Ia mengatakan, pihaknya telah mengajukan bantuan kepada pemerintah Kota Padang agar diberikan bantuan berupa karung untuk membuat tumpukan pasir agar bisa menghambat air laut.

"Kami sudah beberapa kali mengajukan bantuan, tetapi saat ini masih belum diberikan," lanjutnya.

Beberapa penghambat air laut yang dibuat oleh mesyarakat secara pribadi di lokasi tersebut dianggap masih belum bisa mengatasi abrasi tersebut.

"Kami berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk masyarakat di sini agar bisa mengatasi abrasi yang terjadi," harapnya.
[Halbert Caniago]