Dinas Pariwisata se-Sumbar Rapat Klarifikasi Data Kunjungan Objek Wisata Lebaran

"Hadir dalam rapat tersebut kepala Dinas Pariwisata kabupaten dan kota serta perwakilan dari daerah yang sudah mengirimkan data ke Dinas Pariwisata Provinsi"
Rapat Koordinasi Dinas Pariwisata se-Sumbar di Aula Dinas Pariwisata Sumbar, Selasa, 18 Juni 2019 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) bersama dinas kabupaten dan kota mengklarifikasi data kunjungan ke objek wisata saat libur lebaran dari rentang 5 Juni hingga tanggal 9 Juni 2019 ini.

Hadir dalam rapat tersebut kepala Dinas Pariwisata kabupaten dan kota serta perwakilan dari daerah yang sudah mengirimkan data ke Dinas Pariwisata Provinsi.

Rapat dilangsungkan dari pagi tadi hingga sore ini pukul 15.09 WIB (sedang berlangsung) di Aula Dinas Pariwisata Sumbar.

Kabupaten dan kota diberikan kesempatan secara bergantian untuk pemaparan data sekaligus memaparkan potensi pengembangan pariwisata dan berharap sentuhan provinsi.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian dalam rapat tersebut menyampaikan, dari pemaparan dari kabupaten dan kota terdapat 3 metode Dinas yakin dari Tiket masuk, data kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan estimasi atau perhitungan dari lokasi objek wisata.

"Estimasi dihitung berdasarkan pantauan suatu objek wisata yang didatangi pengunjung kemudian di perkiraan berapa kapasitas lokasi tersebut," jelasnya, Selasa, 18 Juni 2019.

Pantauan KLIKPOSITIF perwakilan kabupaten dan kota antusias mempersentasikan jumlah kunjungan saat liburan lebaran Idulfitri 1440 Hijriah.

Sebelumnya, data kunjungan objek wisata yang dirilis Dinas Pariwisata Sumbar menjadi polemik, bahkan pakar pariwisata menolak data tersebut dijadikan patokan kunjungan wisatawan.

Untuk diketahui berdasarkan rekap data yang dihimpun Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) dari kabupaten dan kota di Sumbar, sebanyak 2,1 juta objek wisata daerah itu di kunjungi wisatawan saat libur lebaran dari rentang 5 Juni hingga tanggal 9 Juni 2019 ini.

Dari laporan yang diterima Dinas Pariwisata Sumbar tersebut, kabupaten Pesisir Selatan mendapat kunjungan paling tinggi sebesar 795.747 wisatawan, Kota Padang 330.000 wisatawan, di susul Kota ... Baca halaman selanjutnya