Pemko Payakumbuh Belum Berkomunikasi dengan DPRD Terkait Ekspor Rendang

Memasak rendang.
Memasak rendang. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh yang akan mengekspor rendang ke Arab Suadi ternyata belum pernah disampaikan kepada DPRD daerah tersebut.

"Terkait rencana ekspor rendang tersebut belum ada dikomunikasikan Pemko kepada kami di DPRD. Seharusnya memang hal itu dikomunikasikan dengan DPRD," kata Ketua DPRD Kota Payakumbuh , Yendri Bodra Datuak Parmato Alam kepada KLIKPOSITIF , Selasa (18/6).

baca juga: Kabar Baik, 2 Pasien Positif COVID-19 di Payakumbuh Sembuh

Meski belum disampaikan secara langsung oleh Pemko, ia mengaku sudah mengetahui ada rencanya pengiriman tersebut melalui pemberitaan dari media semenjak beberapa waktu lalu.

"Kami dari DPRD tetap akan menelusuri rencana tersebut untuk mengetahui detail dari rencana ekspor itu," lanjutnya.

baca juga: Hindari Bantuan Ganda, Puluhan Rumah Warga di SAPAKU Payakumbuh Ditempel Stiker

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Kota Payakumbuh itu menjelaskan, untuk melakukan ekspor makanan terenak di dunia itu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan Pemko Payakumbuh , diantaranya dari segi peralatan, perizinan BPOM, dan bagaimana MOU-nya dengan pemerintahan Arab Saudi sendiri.

"Kami dari DPRD pastinya menyokong hal itu apabila memang memberikan dampak terhadap pengusaha rendang yang ada di Payakumbuh ," terangnya.

baca juga: Modus Penipuan Batu Delima Palsu, Ini Penjelasan Kapolres Payakumbuh

Lebih lanjut, YB Dt Parmato Alam juga menyoroti bagaimana pemanfaatan sentra rendang yang sebelumnya sudah dibangun Pemko Payakumbuh di Pasar Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara.

"Kita juga akan pertanyakan bagaimana dengan keberadaan sentra rendang itu. Bagaimana nasib pengusaha rendang asal Kota Payakumbuh dengan adanya sentra rendang ," terangnya.

baca juga: Momen Lebaran, Polres Payakumbuh Tangkap Dua Pelaku Penipuan Jual Beli Batu Delima

Sementara itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz menyampaikan, terkait rencana ekspor bumbu rendang atau kalio ke Arab Saudi tersebut, pihaknya masih dalam tahap persiapan.

"Persiapan kita terus berjalan. Kita menunggu perizinan ekspor dari Arab Saudi," kata Erwin Yunaz kepada KLIKPOSITIF , Selasa (18/6). (*)

Penulis: Taufik Hidayat