Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sumbar Terganjal Pergub

"Masih menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) yang saat ini masih dalam evaluasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)"
Pendaftaran/Ilustrasi (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumbar masih menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) yang saat ini masih dalam evaluasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Belum (bisa dipastikan), karena kita masih menunggu Pergub yang mengatur pelaksanaan PPDB online tingkat SMA/SMK di Sumbar turun dari Kemendagri," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Sumbar, Bustavidia, Rabu 19 Juni 2019.

Terkait kepastian jadwal pelaksanaan PPDB yang direncanakan dengan sistem online tersebut, Bustavidia belum bisa memastikan. Pasalnya, proses PPDB itu berdasarkan surat fasilitasi dari Kemendagri tentang pengaturan pelaksanaannya.

"Belum jelas, menunggu turunnya keputusan dari Kemendagri. Atau tanggal 20 Juni pastinya," ujar Bustavidia.

Terpisah, Kasubag Pengkajian Hukum Biro Hukum Setdaprov Sumbar, Suci Pratiwi mengakui, bahwa sampai saat ini Pemprov masih menunggu hasil fasilitasi dari Kemendagri terkait Pergub yang akan di buat Biro Hukum dan sudah berjalan lima belas hari dari waktu penyampaian surat resmi tersebut.

"Sesuai dengan Permendagri nomor 120 tahun 2018, bahwa semua aturan hukum terkait peraturan gubernur wajib dilakukan fasilitasi (pengkajian), sedangkan untuk PPDB online ini sudah kita sampaikan pada pertengahan Mei 2019 lalu, tetapi belum ada balasan sampai sekarang," ulas Suci. (*)