Ternyara Ini Dasar TNI AU Lakukan Latihan Kesiap Siagaan Bencana di Kota Padang

" jika dibutuhkan untuk evakuasi, kami akan menurunkan pesawat dan tetap mengoperasikan bandar udara untuk proses penyaluran bantuan dan evakuasi"
(KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Panglima komando Operasi TNI Angkatan Udara I Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo, menyatakan gempa yang terjadi sekitar 10 tahun lalu menjadi alasan TNI AU untuk menjadikan Kota Padang tempat latihan Kesiapsiagaan Operasional Komando Operasi TNI-AU tentang penanggulangan bencana pada Kamis 20 Juni 2019.

"Kota Padang dijadikan untuk tempat latihan karena mengingat bencana yang cukup besar pernah terjadi di Kota Bengkuang pada tahun 2009 lalu," kata Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo pada awak media di lokasi.

Ia menambahkan, kami melihat Kota Padang pernah mengalami kejadian bencana alam yang cukup dahsyat, makanya dijadikan tempat berlatih.

Menurutnya, untuk sarana dan prasarana dalam latihan tersebut telah disiapkan oleh pihak TNI dalam pelaksanaan latihan tersebut.

"Latihan ini ditujukan khususnya untuk Kops satu TNI AU dalam hal penanganan tanggap kesegeraan, kami akan melaksanakan inisiatif penanggulangan tahap awal," lanjutnya.

Penanganan tahap awal dikatakan itu adalah pengambilan gambar dari udara dan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk proses yang bisa dibantu oleh TNI AU.

"Selanjutnya, jika dibutuhkan untuk evakuasi, kami akan menurunkan pesawat dan tetap mengoperasikan bandar udara untuk proses penyaluran bantuan dan evakuasi," lanjutnya.

Ia berharap dengan latihan tersebut, jika terjadi bencana nantinya bisa diterapkan oleh personel dari TNI AU khususnya dan seluruh elemen yang terlibat dalam latihan tersebut.
[Halbert Caniago]