Wawako Payakumbuh Tantang UKM untuk Lebih Jeli Mengambil Peluang

"Walaupun anggaran Kota Payakumbuh tidak besar, namun bukan berarti UKM sebanyak itu tidak bisa difasilitasi. Ada cara lain selain memanfaatkan anggaran pemerintah"
Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz menantang Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerahnya untuk dapat mengambil peluang pada saat digelarnya berbagai kegiatan yang menghadirkan cukup banyak orang di Kota Randang itu.

Erwin Yunaz mengungkapkan, berdasarkan data yang terdapat di Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh terdapat sekitar 19.727 pelaku IKM di daerahnya. Jumlah tersebut disebutnya hampir 20 persen dari jumlah warga.

"Walaupun anggaran Kota Payakumbuh tidak besar, namun bukan berarti UKM sebanyak itu tidak bisa difasilitasi. Ada cara lain selain memanfaatkan anggaran pemerintah," kata Erwin Yunaz, Kamis (20/6).

Salah satunya cara yang disebutnya sudah dilakukan pemerintah adalah melalui bersinergi dengan masyarakat umum dan swasta.

"Seperti yang terakhir itu Alek Pacu Kudo di GOR Kubu Gadang (16-17 Juni)  misalnya, UKM harus dapat mengambil peranan dengan menjemput bola. Artinya produk-produk UKM Payakumbuh dapat dijual di sana," lanjut Erwin Yunaz.

Diterangkan, peran Pemko untuk dalam pengembangan UKM hanyalah bertindak sebagai fasilitator dan untuk memastikan setiap UKM itu tumbuh dan berkembang, UKM juga harus mampu menonjolkan diri dan bisa mengambil peluang pada saat digelarnya kegiatan kemasyarakatan yang berlangsung di Kota Payakumbuh.

"Sebagai pemerintah, kami siap untuk memfasilitasi masyarakat, tinggal bagaimana pelaku UKM menjalin link dan bersinergi dengan seluruh unsur agar setiap kesempatan itu dapat dimanfaatkan dengan lebih baik," ujarnya.

Orang nomor dua di Kota Payakumbuh ini juga menjelaskan bagaimana insting bisnis harus ditanamkan, apalagi kalau pelaku UKM masih tergolong muda, ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan ketika event yang ramai pengunjungnya.

"Pada saat event tersebut akan banyak orang dari luar daerah datang, tentu tepat sekali momennya untuk memperkenalkan produk UKM ke khalayak," pungkasnya. (*)