Pekan Depan, Pemerintah akan Turunkan Harga Tiket Pesawat

"maskapai perlu waktu untuk menghitung kembali berapa penurunan tarif tiket tersebut"
ilustrasi tiket pesawat (net)

KLIKPOSITIF -- Pemerintah meminta masyarakat untuk bersabar jika ingin mendapatkan tarif tiket penerbangan maskapai berbiaya rendah (Low Cost Carrier/LCC). Pasalnya, tarif tersebut baru bisa turun pekan depan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menerangkan, maskapai perlu waktu untuk menghitung kembali berapa penurunan tarif tiket tersebut.

"Jangan tanya berapa turunnya tunggu saja. Seminggu dari sekarang akan disampaikan masing-masing penerbangan. Ini enggak akan kita jawab seminggu dari sekarang lha," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis (20/6).

Darmin tak merinci penerbangan rute mana saja yang akan mengalami penurunan dan maskapai apa saya yang tarifnya turun. "Yang jam berapa juga enggak akan dijawab. Tapi ada yang akan diumumkan masing-masing maskapai untuk LCC domestik," tambahnya.

Menurut Darmin, penurunan tersebut akan menjawab keluhan masyarakat yang masih merasakan mahalnya tarif tiket pesawat. "Kita melihat dengan ini sudah bisa jawab harapan masyarakat untuk bisa terbang dengan biaya yang lebih terjangkau tapi sustainabilitas maskapai terjaga," jelasnya.

Darmin mengatakan, kebijakan ini untuk menjawab keluhan masyarakat yang masih merasakan mahalnya tarif tiket pesawat. Mantan Gubernur Bank Indonesia ini melanjutkan, tak semua penerbangan maskapai LCC tarifnya diturunkan, hanya beberapa rute yang tarifnya dipangkas.

"Seperti apa jadwal penerbangan itu artinya tidak semua penerbangan LCC tapi itu beri kesempatan peluang ke masyarakat yang ingin dapat harga tiket lebih terjangkau," tutup Darmin. (*)

sumber: Suara.com