Pengadilan Negeri Pasbar Kenalkan Aplikasi E-Court, Ini Fungsinya

"aplikasi E-Court adalah semacam aplikasi dengan sistem online, yang mempermudah advokat untuk mendaftarkan gugatan perkara."
Humas Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Zulfikar Berlian saat sosialisasikan E-Court ke sejumlah Advokat di Pasaman Barat. (Ist)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Pengadilan Negeri Pasaman Barat-Sumbar kenalkan aplikasi E-Court kepada sejumlah Advokat di wilayah hukum Pasaman Barat (Pasbar), yang bertempat di ruang Cakra Pengadilan Negeri setempat, Kamis 20 Juni 2019.

Humas Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Zulfikar Berlian menyampaikan, aplikasi E-Court adalah semacam aplikasi dengan sistem online, yang mempermudah advokat untuk mendaftarkan gugatan perkara.

Dia merinci, ada tiga layanan yang terdapat dalam Aplikasi E-Court diantaranya, E-Filling yakni pendaftaran perkara online di pengadilan, E-Payment yakni pembayaran panjar biaya perkara online dan E-Summon yakni Pemanggilan Pihak secara online.

Dengan adanya aplikasi E-Court ini, tentunya para advokat tidak perlu repot lagi datang ke Pengadilan Negeri Pasbar untuk mengajukan gugatan. Dalam aplikasi tersebut telah tertera hingga biaya perkara yang akan dibayarkan.

Untuk mitra kata Zulfikar, pihaknya berkerjasama dengan BRI. BRI akan menjamin setiap pembayaran perkara yang didaftarkan advokat di Pengadilan Negeri Pasbar dan akan langsung secara otomatis terkonfirmasi.

"Kita tidak saja sosialisasikan, namun langsung disimulasikan. Sehingga para advokat lebih cepat memahami," ujarnya. 

Disamping itu dia mengungkapkan, E-Court merupakan perwujudan dari implementasi peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 03 tahun 2018 tentang Administrasi perkara di pengadilan secara Elektronik.

Dia berharap, dengan adanya aplikasi tersebut dapat mempermudah dan melancarkan segala prosedur yang ada. Sehingga prosedur tentang segala yang terkait dengan perkara yang ada di Pasbar, dapat berjalan lebih lancar kedepannya.

[Irfan Pasaribu]