Pemko Sawahlunto Akan Lakukan Evaluasi Menyeluruh Atas Capaian di MTQ Sumbar 2019

"Kita akan evaluasi secara menyeluruh. Bagaimana kita menggiatkan supaya peringkat Sawahlunto di MTQ tahun 2021 nanti dapat ditingkatkan"
Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Provinsi Sumbar (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, akan melakukan evaluasi dari hasil yang diraih kontingen Kota Sawahlunto di Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019, yang digelar di Kota Solok pada 14 hingga 22 Juni 2019.

Evaluasi tersebut, lanjut Zohirin, akan dilakukan bersama unsur-unsur terkait seperti Kemenag, Bagian Kesra, Majelis Ulama Indonesia Kota Sawahlunto.

"Kita akan evaluasi secara menyeluruh. Bagaimana kita menggiatkan supaya peringkat Sawahlunto di MTQ tahun 2021 nanti dapat ditingkatkan," katanya di Sawahlunto, Kamis 20 Juni 2019.

Zohirin menambahkan, evaluasi tersebut berupa apa yang harus dilakukan, siapa yang akan jadi pelatih dan dimana dilakukan. Menurutnya, evaluasi tersebut sangat sinkron dengan program Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto yang telah dilakukan atau sedang berjalan.

"Kita sudah membina 8 Rumah Tahfizh yang dibina oleh Pemko. Kalau dulu untuk mencari peserta lomba tahfizh itu susah, bahkan mendatangkan dari luar, tapi sekarang sudah banyak dari dalam bahkan kita harus melakukan seleksi," katanya lagi.

Sementara itu, Pimpinan Kafilah Kota Sawahlunto, Zardinal Basir mengatakan, secara urutan prestasi, Kontingen Sawahlunto memang turun dua peringkat dari MTQ sebelumnya.

"Saat ini kita diposisi 16 yang sebelumnya di posisi 14. Namun secara kafilah yang masuk final naik dari sebelumnya empat kafilah, di MTQ sekarang lima kafilah," tuturnya.(*)