Korsleting Arus Listrik, Satu Unit Rumah Nyaris Hangus Terbakar di Pariaman

"Beruntung api cepat dipadamkan dan tidak mengenai bangunan lainnya"
Petugas Damkar Pariaman saat berusaha menjebol bagian loteng untuk memasukan selang air, mencapai kobaran api. Jumat. (istimewa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Satu unit rumah warga di Jalan Angrek, Kampuang Baru, Pariaman nyaris habis terbakar pada pukul 10.30 WIB, Jumat 21 Juni 2019. Diketahui, rumah tersebut milik Animar dan terbakar di bagian lotengnya akibat korsleting arus listrik.

Pantauan KLIKPOSITIF, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) sampai di lokasi kebakaran beberapa menit setelah salah satu warga menelepon pihak Damkar. "Saat saya sedang bekerja di rumah tiba-tiba melihat asap sudah banyak. Saat dilihat, ternyata dari atas loteng api sudah menyala," kata Animar.

Dikatakannya juga, usai mendapati keadaan rumah terbakar dia berteriak untuk meminta bantuan. "Saya teriak, tetangga sudah pada kesini dan anggota keluarga juga sibuk cari air untuk memadamkan api. Namun, kami kesulitan memadamkan api yang posisinya di atas loteng rumah," katanya.

Sembari sibuk menggapai loteng, warga lainnya menelepon pihak Pemakam Kebakaran (Damkar). Tak sampai 15 menit, Damkar tiba di lokasi dan bergegas memadamkan api. "Kami sampai di lokasi api masih menyala di atas loteng. Bagian loteng harus dijebol untuk memasukan selang air," kata Ilham, salah seorang petugas.

"Seluruh personil yang terlibat dalam pemadaman api berjumlah 15 orang dan menggunakan dua unit mobil pemadam. Tak sampai 1 jam api sudah bisa dipadamkan sebelum menyala ke bagian lain rumah. Tak banyak yang terbakar hanya sebagian loteng rumah saja," jelas Ilham.

Keterangan dari pihak Damkar, kerugian material diperkirakan sekitar Rp100 juta dan tidak ada korban jiwa. Diketahui juga dalam bulan ini, peristiwa tersebut merupakan kebakaran pertama kalinya di Kota Pariaman.

Pihak Damkar juga mengimbau warga untuk berhati-hati dan selalu waspada agar tidak terjadi kebakaran. Jika terjadi kebakaran segera hubungi 075192113 Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran.

[Rehasa]