Tak Perlu Repot, Pengantin Baru di Payakumbuh Langsung Dapat Dokumen Kependudukan

"Hampir setiap hari petugas dinas mengantarkan dokumen kependudukan kepada masyarakat Kota Payakumbuh yang menikah. Kta tekankan lagi, ini khusus bagi pasangan yang sama-sama warga Payakumbuh"
Pasangan pengantin baru di Payakumbuh saat menerima dokumen kependudukan baru. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF – Pengantin baru di Kota Payakumbuh dipastikan tidak perlu lagi repot-repot untuk mengurus berbagai dokumen kependudukan. Hal itu setelah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memberikan pelayanan Siap Nikah Kartu Keluarga Selesai Dibuat (Sini Kakek Seleb) terhadap pasangan yang baru menikah di daerah tersebut.

Pelayanan ini memberikan kemudahan terhadap pasangan pangantin baru yang sama-sama berasal dari Kota Payakumbuh dengan langsung mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) baru begitu proses ijab kabul selesai dilaksanakan.

"KTP dan KK baru itu langsung bisa diantarkan bagi pengantin. Pelayanan ini dilakukan tiap hari dan hari libur masih seperti biasa, dan untuk mensukseskannya kami menjemput bola ke lapangan," kata Sekretaris Kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh, Devi Yanti, Jumat (21/6).

Dikatakannya, dalam penerapan pelayanan Sini Kakek Seleb tersebut, pihak Disdukcapil bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA ) di masing-masing kecamatan yang sudah memiliki data masyarakat yang akan menikah.

"KUA memberitahukan data tersebut kepada Disdukcapil. Tujuannya agar antara KTP, KK, dan Surat Nikah sudah ada sinergi, tidak ada kesalahan penulisan di dalam dokumen kependudukan tersebut, sehingga data masyarakat menjadi valid dan tidak mengalami kendala saat mengurus dokumen kependudukan lainnya, seperti Imigrasi, BPJS, serta Bank," tutur Devi.

Sampai saat ini, sudah cukup banyak warga Payakumbuh yang sudah memanfaatkan pelayanan Sini Kakek Seleb itu dan langsung mendapatkan dokumen kependudukan yang diantarkan langsung ke lokasi pernikahan bersamaan dengan kartu nikahnya.

"Hampir setiap hari petugas dinas mengantarkan dokumen kependudukan kepada masyarakat Kota Payakumbuh yang menikah. Kta tekankan lagi, ini khusus bagi pasangan yang sama-sama warga Payakumbuh," tuturnya kemudian. (*)