Reaktivasi Kereta Api Padang-Pulau Aie Ditargetkan Tuntas Tahun Ini 

"Ditargetkan proses reaktivasi ini tuntas pada akhir 2019 sehingga bisa diresmikan pada awal 2020 nanti"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG,KLIKPOSITIF - Pasca melaunching jalur kereta api (KA) Padang-Nareh, Dinas Perhubungan Sumbar bersama PT. Kereta Api Indonesia (KAI) pun kini tengah bersiap memulai proses reaktivasi (membuka kembali) jalur kereta api Padang-Pulau Aie.

Dengan dibantu Pemko Padang, PT. KAI akan segera melakukan inventarisasi lahan di sepanjang jalur kereta api tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Heri Nofiardi menjelaskan, Jalur tersebut merupakan rel tua dan jalur kereta peninggalan Belanda. Pihaknya menargetkan proses reaktivasi ini tuntas pada akhir 2019 sehingga bisa diresmikan pada awal 2020 nanti.

"Jalur kereta api yang ada di Padang sampai Sijunjung, bahkan ke Riau sudah ada sejak zaman Belanda. Nah mengikuti perkembangan zaman, kita aktifkan kembali jalur Padang-Pulau Aie, sehingga awal 2020 sudah bisa diresmikan," kata Heri, Jumat (21/6).

Saat ini, katanya, akan ada reaktivasi jalur Padang-Pulau Aie. Tahun ini, juga dibangun jalur Nareh-Sungai Limau. Sebelumnya juga telah dilakukan reaktivasi rute Padang-Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Lubuk Alung-Kayu Tanam, dan Padang-Nareh. Sementara, untuk jalur Padang Panjang-Bukitinggi akan dilakukan pengerjaan peningkatan rel kereta api secara bertahap. 

"Kereta api yang kita sediakan untuk jalur Padang-Pulau Aie ini adalah KA Minangkabau Express, fasilitas kereta apinya sudah bagus karena sudah pakai AC," ujar mantan Kepala Biro Perekonomian Sumbar itu.

Heri berharap, reaktivasi jalur kereta api ini berjalan lancar sesuai rencana. Terlebih, antusiasme masyarakat menggunakan kereta api cukup besar seperti pengoperasiam KA Padang-BIM yang disambut antusias warga. Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat terdampak.

"Tujuan kita bagaimana masyarakat dapat menjalankan tugas kedepannya lancar. Dengan kereta api masyarakat tidak terjebak macet karena jalurnya jelas," tukasnya.