Pemko Padang Dukung Reaktivasi Jalur Kereta Api Padang-Pulau Aie

"Pulau Aie merupakan wajah Padang kota lama, sehingga ini harus dibenahi supaya pariwasata di kawasan tersebut semakin menggeliat"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Padang mendorong upaya reaktivasi jalur kereta api Padang-Pulau Aie yang saat ini non aktif. Pasalnya, Pulau Aie merupakan wajah Padang kota lama, sehingga ini harus dibenahi supaya pariwasata di kawasan tersebut semakin menggeliat.

"Kami dorong juga kepada masyarakat yang ada di Pondok (di Kota Lama) untuk bisa memanfaatkan aset-aset yang selama ini ada, dan juga bangun-bangunan tua memperhatikan tentang nilai-nilai historisnya maka ini bisa menjadi daya tarik investor," kata Mahyeldi, Jumat, 21 Juni 2019.

Mahyeldi mengungkapkan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan PT. KAI untuk memanfaatkan jalur kereta api yang ada di kota Padang bukan hanya ke arah bandara namun juga antar kota termasuk ke Indarung. Sehingga memudahkan masyarakat yang padat penduduknya untuk berakvitas.

"Ini haru skita dorong, karena kota Padang mempunyai perencanaan angkutan di daerah itu adalah angkutan masal yakni, Trans Padang, dan Kereta Api. Karena hal ini dapat mengairahkan pariwisata di Kota Padang," ujar Mahyeldi.

Oleh karena itu, Mahyeldi mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya dilewati jalur kereta api yang direaktivasi ini untuk mengikuti komitmen yang sudah terbangun dengan PT. KAI dengan merapikan dan membongkar bangunan yang terdapat di jalur tersebut.

"Makanya kemarin kita sudah memulai merapikan bangunan-bangunan yang terdapat di fasilitas umum. Tidak bisa dipertahankan, kalau seandainya ada yang membangun di sana diharapkan kesadarannya untuk membongkar dan merapikan, jangan mengambil hak masyarakat umum," pungkasnya.