Ini Penjelasan Disdikpora Terkait Pelaksanaan PPDB di Kota Pariaman

"Semua siswa yang akan masuk ke SMP diyakini akan tertampung oleh SMP yang ada di Kota Pariaman "
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Pariaman Tahun 2019 saat ini telah menggunakan sistem zonasi, baik di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Yurnal mengatakan, Sistem Zonasi ini adalah sistem penerimaan siswa baru dengan metode siswa mendaftar ke sekolah terdekat dengan rumah dan ini dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) atau kalau kapasitas sekolah telah melebihi, siswa akan mendaftar di sekolah lain yang dekat dengan tempat tinggal.

"Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2018 tentang Sistem PPDP Tahun 2019 adalah Sistem Zonasi, namun sistem ini merupakan kali kedua pelaksanaanya di Kota Pariaman yakni Tahun 2018 dan 2019," kata Yurnal, Jumat 21 Juni 2019.

Sistem zonasi ini, katanya lagi, sudah dua kali periode digunakan dan sampai saat ini menurutnya aman dan tidak ada masalah, karena justru sistem ini sangat menguntungkan semua. "Siswa bersekolah dekat dengan rumah dibuktikan KK dan bila tidak ada KK atau baru pindah ada quota khusus untuk hal itu," terangnya.

Sistem Zonasi di Kota Pariaman punya banyak manfaatnya, diantaranya tidak akan ada lagi sekolah-sekolah yang diunggulkan yang membuat banyak kecemburuan dan banyaknya keinginan wali murid untuk memasukkan anaknya ke sekolah tersebut.

Sejak ada sistem zonasi, semua SD dan SMP di Kota Pariaman akan bersaing secara sehat untuk mengunggulkan sekolah dan siswanya masing-masing.

"PPDB Tahun 2019 di Kota Pariaman telah dilaksanakan sejak tanggal 12 sampai dengan 18 Juni, seleksi dan penerimaannya dari tanggal 19 Juni sampai dengan 5 Juli 2019 dengan proses yang hampir sama dengan tahun sebelumnya yaitu siswa mendaftar sendiri dengan membawa surat keterangan lulus atau surat keterangan hasil ujian sementara," jelasnya.

Untuk Kota Pariaman semua Siswa ... Baca halaman selanjutnya