Gudang Gas LPG dan Ekspedisi Terbakar di Tarandam Padang

"Peristiwa ini terjadi pada Jumat 21 Juni 2019 malam sekitar pukul 22.30 WIB"
Suasana di lokasi kejadian (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dua unit gudang di Jalan Kesatria, Kelurahan Tarandam, Kecamatan Padang Selatan dilahap si jago merah pada Jumat 21 Juni 2019 malam sekitar pukul 22.30 WIB.

Gudang tersebut diketahui gudang gas LPG dan gudang ekspedisi yang posisinya berdampingan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian teraebut.

Seorang warga yang menyaksikan kejadian tersebut, Edi (63) mengatakan bahwa saat kejadian ia berada sekitar 100 meter dari lokasi kejadian.

Saat ia melihat api, dirinya bersama warga lainnya menganggap bukan kebakaran dan hanya api kecil biasa saja.

"Setelah melihat api semakin besar, saya langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran," ujarnya.

Menurutnya, api berasal dari sudut bagian belakang salah satu gudang di lokasi itu dan awalnya hanya kecil, tapi lama kelamaan semakin besar dan menjalar.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basrizal mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi sekitar pukul 23.00 WIB.

"Awalnya kami mendapat laporan dan langsung menuju lokasi untuk memastikan lokasi kebakaran," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya menurunkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api tersebut serta 80 orang personel yang berusaha memadamkan api.

Pihaknya sempat terkejut saat menemukan bahwa gudang tersebut berisi tabung gas LPG yang dengan berat lima setengah kilogram.

"Tadi ada sekitar 100 tabung gas yang kami temukan di dalam dan tabung itu sempat meledak beberapa kali tetapi tidak berpengaruh dalam proses pemadaman," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk kerugian pihaknya masih belum bisa memastikan, karena pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan.

[Halbert Caniago]