Ada yang Istimewa di Ajang MTQ Sumbar, Apa Itu?

"Cabang ini akan diusulkan ke Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) agar menjadi cabang tetap"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Ada yang istimewa pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang ke 38 kali ini. Pejabat eselon II di jajaran Pemerintah Daerah kabupaten kota se-Sumatera Barat ikut andil dalam musabaqah. Mereka unjuk kebolehan dalam cabang Tartil Eksekutif, yang merupakan kali perdana dilombakan pada MTQ di Sumatera Barat bahkan di Indonesia.

Ketua Majelis Dewan Hakim Cabang Tartil Eksekutif Yusfrizal saat diwawancara usai final mengatakan Tartil Eksekutif perdana dilaksanakan pada Musabaqah Tilawatil Quran di Indonesia.

"Cabang ini akan diusulkan ke Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) agar menjadi cabang tetap," ujar Yusfrizal, Rabu (19/06) lalu.

Menurutnya, meski kali perdana dilaksanakan di ajang MTQ, ada 23 orang pejabat eselon II se-Sumatera Barat yang mendaftar sebagai peserta cabang Tartil Eksekutif ini. Setelah melewati babak penyisihan selama tiga hari, enam pejabat berhasil melaju ke babak final yang digelar di Mesjid Iqra Sembilan Lorong, Kota Solok.

Adapun enam dari pejabat yang berhasil lolos ke babak final, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Tanah Datar, Hj. Yesrita Zendriannis, Kadis KB dan Pemberdayaan Perempuan kabupaten Solok Selatan, Lora Ayahanda Putri, Kepala Satpol Kota Payakumbuh. Kemudian Kadis KB dan Pemberdayaan Perempuan Kota Pariaman, Nazifah, Kadis Pemadam Kebakaran Kota padang, Hendrizal Azhar dan Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo.

Dikatakan Yusfrizal, ada beberapa prinsip dasar yang melatarbelakangi lahirnya cabang Tartil Eksekutif ini. Selama ini pengembangan pembelajaran Alquran hanya di kalangan masyarakat, mulai TPA, MDA dan TPQ.

“Dengan adanya cabang ini akan ada gerak pengembangan pembelajaran alduran di instansi pemerintah. Disela-sela rutinitas tugas fungsi instansi pemerintah ada waktu ektra untuk pengembangan rohani,” papar Yufrizal didampingi dewan hakim lainnya yang juga berasal ... Baca halaman selanjutnya