Perantau Pessel Rencanakan Bangun Kampung IKPS di Payakumbuh

"Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Lima Puluh Kota dan Payakumbuh berencana akan membangun kampung IKPS di Payakumbuh"
Wagub Sumbar Nasrul Abit Bersama Tokoh IKPS Limapuluh Kota dan Payakumbuh, Minggu, 23 Juni 2019 (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Lima Puluh Kota dan Payakumbuh berencana akan membangun kampung IKPS di Payakumbuh.

Hal itu disampaikan Pengurus IKPS Lima Puluh Kota dan Payakumbuh, Azrizal Aziz dalam acara halal bi halal di Kantor Capil Kabupaten Lima Puluh Kota, Minggu, 23 Juni 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

"Kami juga berencana membangun kampung IKPS, seperti yang sudah ada di Bukittinggi. Semoga ini terwujud dengan dukungan dari seluruh anggota, terutama para tokoh yang ada di ranah atau di rantau," harapnya.

Namun, saat ini IKPS memprioritaskan dulu pembangunan gedung sebagai tempat berkumpul perantau di Limapuluh Kota dan Payakumbuh. Untuk pembangunan gedung tersebut baru terkumpul sekitar 64 juta dan itu sudah dimulai sejak 2 tahun silam.

“Total dana yang kami butuhkan sebanyak 750 juta,” ujarnya.

Selain rencana pembangunan gedung tersebut, dia juga menyebutkan, IKPS sudah punya mobil ambulan yang bisa dipergunakan oleh orang Pessel disini atau orang dari luar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dalam kesempatan itu menekankan tentang pentingnya menjaga rasa kebersamaan di rantau karena dengan rasa kebersamaan tersebut hidup di rantau akan terasa mudah denhan saling bantu membantu.

“IKPS kami harapkan menjadi contoh bagi organisasi lain. Kemudian juga harus mempunyai keterlibatan dalam pembangunan di daerah ini,” ungkapnya.

Selain itu, tokoh Sumbar asli Labuan Tanjak, Air Haji, Pessel ini memberikan apresiasi dan mendukung penuh atas rencana pembangunan gedung IKPS di Payakumbuh. Sebab, selain bisa digunakan untuk sekretariat bisa juga digunakan untuk acara sosial kemasyarakatan dan pendidikan baik oleh orang Pessel sendiri atau yang diluar Pessel.

“Sebelum acara ini dimulai, pengurus sempat bercerita kepada saya, bahwa rencana pembangunan tersebut masih ... Baca halaman selanjutnya